Kamis, 08 Agustus 2019

Daily Activity 2

Selasa, 30 Juli 2019

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
kita bertemu lagi di hari kedua pekan pertama minggu praktek. Setelah kemarin kita sudah membuat cucuru bayao hari ini kita menyelesaikan membuat pisang ijo.

Hari ini saya mulai meninggalkan tempat tinggal saya pada pukul 06:15 dan menuju di kitchen. di kitchen baru beberapa orang, sambil menunggu teman-teman yang lain, saya mulai memprepare untuk pisang ijo. 

  •  Pisang Ijo (untuk 8 porsi) :

Adonan :
200 gr                     Soft Flour
300 ml                    Santan
25 gr                       Margarine
20 gr                       Gula
1/2 sdt                    pandan essence
1/2 sdt                    pewarna makanan hijau
1 pinch                   garam

Saus :
250 ml                    Santan
15 gr                     Tepung Beras
30 gr                      Gula
1 lembar               daun pandan
1 pinch                  Garam 

Prosedur :
  • Kukus pisang selama 30 menit. kemudian kupas dan dinginkan
  • Campur santan, gula, dan margarine kemudian boil
  • Tambahkan garam, pewarna makanan, dan pandan essence
  • Tambahkan Soft flour dan aduk rata hingga menghasilkan adonan yang lmbut alus dan elastis.
  • Ambil sedikit adonan kemudian ratakan, beri satu pisang diatasnya dan bungkus pisang menggunakan adonan. Kukus selama 10 menit.
Untuk Sauce :
  • Campur santan, gula, garam, daun pandan, dan tepung beras, boil hingga saus memiliki tekstur yang lengket.
Karena ada dua yang akan dibuat maka saya dan teman kelompok membagi ada yang mengerjakan adonan ada juga yang mengerjakan saus. dan kami sepakta saya dan teman yang lain membuat adonan dan yang lainnya membuat saus untuk pisang ijo.

Saya mulai dengan mengeluarkan pisang yang kemarin sudah di kukus kemudian menyiapkan bahan untuk membuat adonan pisang ijo.

Saya kemudian mencampur semua bahan kedalam pan,
 Setelah mendidih dan tercampur rata, kemudian di tambahkan flour dan di campur hingga membentuk adonan yang lembut dan elastis. Setelah itu adonan di ratakan dan pisang di bungkus mrnggunkan adonan, kemudian dikukus selam 15 menit. pada tahap ini kami sampai lupa foto.

Beberapa saat kemudian kami di perintahkan untuk oneline. kemudian kami diajarkan beberapa terminology dari menu dan membahas menu untuk besok yaitu Oriental menu. setelah oneline dibubarkan, kami kemudian membagi dua lagi kelompok untuk menyelesaikan menu hari ini dan untuk prepare menu besok. dan saya tergabung dikrlompok untuk menyelesaikan menu hari ini.

saya kembali masuk kedalm pastry bersama beberapa teman dan menyelesaikan membugkus pisang dengan adonan dan mengkus pisang ijo. Setelah selesai kami keluar untuk membantu teman kelompok menyelesaikan preparean utnuk besok dimana kami mendapat bagian untuk Appetizer yaitu Thai beef salad dan chinnese spinach and peanut salad.

Setelah prepare kami istirahat untuk melakukan shalat dzuhur. setalah shlat dzuhur kemudian kami makan bersama teman yang lain, setelah makann, kami siap-siapuntuk melaksanakan General Cleaning.
General cleaning di jeda dengan melaksanakan shalat Ashar. setelah shalat ashar, gc disambung dan setelah selesai kami istirahat untuk menunggu perintah onelinesambil bercanda gurau dengan teman-teman untuk melepas penat. tidak lama, kami mendapat perintah oneline. setelah mendapat arahan, dan beberapa informasiuntuk persiapan besok kami berdoa dan pulang.

Demikian hari ini terlewati di kitchen dengan setiap hari dengansituasi yang berbeda, semoga senantiasa diberi rahmat oleh Allah dan senantiasa dilancarkan. Aamiin.

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar