Minggu, 11 Agustus 2019

Terminology of Celebes Buffet

1. Peco Doang.

 Peco doang merupakan makanan yang berasal dari Indonesia (Sulawesi-Selatan) khususnya dari daerah bugis. Peco Doang merupakan masakan yang menggunakan udang sebagai bahan utamanya. dimana udang dimasak bersama dengan tomat, lemon basil (kemangi), lime dan salt. Yang kemudian dilengkapi oleh rempah-rempah lainnya yaitu Cabai besar, Cabai kecil, dan kemiri. Indonesia memang dikenal dengan penghasil rempah-remph terbesar, dan beberapa contoh hasil di aplikasikan dalam masakan ini.

2. Jalangkote

Bagi orang Makassar, jajanan yang satu ini sudah tidak asing lagi. Apalagi pas bulan suci Ramadhan, jajanan ini marak dijajakan dipinggir jalan sebagai hidangan pelengkap saat berbuka puasa.
Ya, jalangkote. Salah satu dari sepuluh ikon kuliner khas Makassar yang di tetapkan oleh Pemerintah kota Makassar.
Catatan sejarah menyebutkan bahwa jalangkote berasal dari dua kata, yakni "jalang" yang berarti jalan sedangkan "kote" berarti berkotek-kotek atau teriak.
Jalangkote dulu dijajakan oleh anak kecil dari rumah ke rumah dengan teriakan khas. Sehingga makanan ini disebut jalangkote.
Sekilas jajanan ini mirip dengan pastel, yang membedakan hanya pada tekstur kulitnya. Kulit jalangkote lebih tipis dan lebih ‘krenyes’ dibandingkan pastel.
Awalnya isian jalangkote adalah potongan telur, ubi jalar yang dipotong kecil menyerupai dadu, serta beberapa sayuran seperti toge.
Akan tetapi seiring berkembangnya zaman isian jalangkote mulai divariasiakan.
(Source : https://www.facebook.com/dejalkots/posts/filosofi-jalangkotebagi-orang-makassar-jajanan-yang-satu-ini-sudah-tidak-asing-l/873290572866602/)

3. Sop Saudara

Sop saudara merupakan masakan khas dari Sulawesi Selatan berupa hidangan berkuah dengan bahan dasar daging sapi yang biasanya disajikan bersama bahan pelengkap seperti bihun, perkedel kentang, jeroan sapi (misalnya, paru goreng), dan telur rebus. Masakan ini umum dikonsumsi bersama dengan nasi putih dan ikan bolu (bandeng) bakar.

Konon, sop saudara berawal dari H. Dollahi yang merupakan seorang pelayan dari H. Subair, seorang penjual sop daging yang cukup terkenal di Makassar pada era tahun 1950-an. Keduanya adalah warga kampung Sanrangan Pangkep yang mengadu peruntungan untuk meneruskan hidup dengan membuka warung makan.
Setelah selama 3 tahun berkongsi, H. Dollahi pun memberanikan diri untuk membuka usaha sendiri pada tahun 1957 dengan membawa nama Sop Saudara yang membuka lapak di kawasan Karebosi, Makassar. Racikan H. Dollahi ini ternyata mampu menarik minat pecinta kuliner baik bagi warga asli maupun pendatang.
Nama Sop Saudara yang unik ini dipilih karena terinspirasi dari nama "coto paraikatte" (biasa dijadikan nama warung yang menjual Coto Makassar). Dalam bahasa Makassar "paraikatte" berarti "saudara" atau "sesama". Dengan nama tersebut, H. Dollahi berharap semua orang yang makan di warung ini akan merasa bersaudara dengan pemilik, pelayan dan sesama penikmat Sop Saudara
(Source : https://id.wikipedia.org/wiki/Sop_saudara)

4. Sayur Labu Santan

Dari namanya masakan ini menggunakan labu sebagai bahan utama, yang dimasakn dengan chicken stok, serta beberapa rempah-rempah yang telah di saute, antara lain : lengkuas, cabai merah, Shallot, garlic, kemiri. dan beberapa bahan lainnya seperti lemongrass, bay leaf, long bean. di seasoning dengan salt, sugar, and lemon basil. kemudian ditambahkan santan.

5. Pallu Cella

Pallu Cella merupakan masakan ikan bercita rasa asin dengan aroma khas kunyit. Ikan Pallu Cella bisanya terbuat dari ikan Cakalang, Layang, Bolu, Sibula atauTembang. Pallu Cella biasanya dibuat dengan bahan-bahan yang sederhana saja serta mudah atau gampang didapatkan, antara lain garam serta kunyit saja. Dalam pembuatan ikan pallu cella, kita harus memasak ikan tersebut dicampur dengan bahan-bahan tadi hingga airnya betul-betul meresap, sehingga rasa garam sarta aroma kunyit merata kedalam tubuh ikan. 
(Source : https://resepnusantara.id/resep-pallu-cella-khas-makasar/ )

6. Lawar Pakis 
Lawar Pakis merupakan masakan khas Sulawesi selatan khususnya daerah bugis. Lawar pakis merupakan masakan yang menggunakan daun pakis sebagai bahan utama dan parutan kelapa yang sudah di saute. yang di tambahkan bumbu seperti cabai merah, lemon basil, shrimp paste, dan salt untuk seasoning.

7. Konro Bakar
Konro bakar terinspirasi dari masakan modern seperti steak. Walaupun proses memasaknya ala barat tetapi bumbu yang digunakan tetap tradisional Makassar.
Konro bakar disajikan dengan bumbu kacang khas Makassar dengan taburan bawang goreng diatasnya dan kuah sop konro serta nasi putih.
"Konro bakar ini mirip tapi beda dengan sate madura. Namun rasa dan proteinnya tentunya tak tertandingi," ujarnya.
(Source : https://makassar.tribunnews.com/2017/10/19/begini-sejarah-lahirnya-konro-bakar-di-makassar)

8. Pisang Ijo
Pisang ijo atau Es pisang ijo, adalah sejenis makanan khas di Sulawesi Selatan, utamanya di kota Makassar yang terbuat dari bahan utama berupa pisang. Pisang ijo berupa pisang yang dibalut dengan adonan tepung yang berwarna hijau dan cara memasaknya dengan dikukus. Tepung berwarna dibuat dari tepung, air, pewarna hijau atau air daun pandan. kemudian disajikan dengan saus yang terbuat dari santan kelapa yang di didihkan bersama tepung beras gula dan sedikit garam yang dimasak hingga kental.

9. Cucuru Bayao
Dalam bahasa Makassar, 'cucuru' berarti kue, sedangkan 'bayao' artinya telur. Memang, kue ini berbahan dasar telur, gula pasir, dan kenari. Bentuknya bulat pipih dan berwarna kuning tua. Teksturnya lembut dengan rasa manis juga gurih khas aroma telur. Cita rasa manis yang kental pada kue-kue yang disajikan di pesta pernikahan Bugis Makassar merupakan simbol harapan akan manisnya kehidupan yang akan diarungi kedua mempelai. Mitos lain, anak gadis yang mencicipi kue tradisional ini di upacara pernikahan dipercaya jodohnya aka segera tiba.
Karena menggunakan banyak sekali telur, warna kue ini berwarna pun menjadi keemasan (golden). Warna tersebut melambangkan kemuliaan, kemegahan, serta keangungan yang bermakna baik.
Tak hanya sarat makna, penyajian cucuru bayao juga unik. Setelah matang dikukus, kue yang tampilannya mirip talam ini harus direndam dulu dengan air gula hingga terserap habis. Barulah kue siap dinikmati.
(Source : https://merahputih.com/post/read/cucuru-bayao-si-kue-manis-simbol-harapan-pengantin )

  
 
 
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar