Minggu, 28 April 2019

Daily Activity Indonesian Version (25-03-2019)

Senin, 25 Maret 2019

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.


Kita kembali di pekan pertama praktik setelah melakukan Mid test. Setelah kemarin melakukan mid test dan dari menu rotasi 1.1 sekarang kita beralih ke menu rotasi 2.1.
Hari ini saya berjalan dari Asrama menuju Kitchen pukul 07.15 karena hari ini hari pertama praktik maka kami tidak terburu-buru menuju ke kitchen.
Di kitchen saya sudah mendapati beberapa teman yang terlebih dahulu sudah sampai di kitchen.

Sebelum Oneline, saya terlebih dahulu memeriksa grooming. dari pakaian, memastikan semua alat lengkap, kuku pendek, semua bersih dan rapi. baru kemudian senior memerintahkan untuk oneline lalu melakukan pengabsenan dan pemeriksaan grooming. setelah semua selesai baru kami masuk kedalam kitchen.

Di dalam kitchen, kami melakukan oneline di main kitchen. sebelum praktik dimulai, kami berdoa. setelah berdoa dan sebelum mulai melakukan praktik. kami menunggu arahan dari dosen. apa yang akan kami lakukan terlebih dahulu.
Dosen mengarahkan sebelum melakukan praktik kami diberi tugas dulu. yaitu menimbang seluruh bahan di kitchen dengan jelas sebelum digunakan. kemudian di input. karena kelas yang menggunakan kitchen pekan lalu melakukan beberapa kekeliruan sehingga bahan di kitchen mulai tidak teratur lagi.


Kami kemudian dibagi menjadi beberapa kelompok agar bahan kitchen yang sebegitu banyak akan di input cepat selesai. kami dibagi menjadi 3 kelompok. ada yang di main kitchen, pastry dan chiller.
Setelah semua bahan selesai di data kami kemudian kembali melakukan oneline. kami kemudian mulai membahas menu. dimana kami akan mulai dari rotasi II.I. yaitu  Chinese food. kami mendapat bagian soup yang nama menunya TRADITIONAL EGG DROP SOUP.
Setelah Oneline di bubarkan, kami mulai melakukan prepare bahan sesuai dengan recipe.
Ingredients:
1 tbsp Minyak kelapa
1/2 Jahe
1 pcs Bawang Bombai cincang
200 gr daging ayam cincang
1 tbsp cuka
1 tsp garam
500ml chicken stock
340gr jagung
85gr kacang polong
2tbsp tepung kentang
3pcs telur.



Procedure:
1. panaskan minyak di panci agak besar sampai hangat. tambahkan jahe dan onion kemudian aduk sampai mengeluarkan aroma.
2. Tambahkan daging ayam cincang. adik dan masak hingga permukaannya tampak putih. tambahkan garam. masak hingga setengah masak.
3. Tambahkan chicken stock dan 2 cup water. masak sampai mendidih. masukkan jagung dan kacang polong. dan masak hingga mendidih lagi.

4. sambil menunggu soup mendidih. campurkan tepung kentang dengan 1/4 air di wadah kecil.
5. saring busa dari permukaan soup.
6. aduk tepung kentang kedalam sup.
7. letakkan spatula di salah satu ujung mangkuk dengan telur di dalamnya. kemudian Perlahan-lahan turunkan telur ke dalam sup dengan gerakan memutar.
8. aduk soup dan rasa menggunakan sendok.
9. jika sudah siap. sajikan dalam keadaan hangat.



Setelah melakukan prepare, kami kemudian istirahat untuk Shalat dzuhur. setelah shalat kami kembali melakukan oneline untuk persiapan melakukan GC.
kemudian kami GC. setelah GC kami berisitirahat. sambil menginput bahan yang kami gunakan hari ini. setelah semua pekerjaan beres. kami melakukan oneline dan pulang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar