Sabtu, 06 April 2019

INGREDIENTS 8

DAUN KEMANGI

Daun Kemangi kaya akan betakaroten, magnesium dan berbagai mineral penting yg berfungsi memelihara kesehatan jantung. Tanaman yg berdaun kecil agak kasar ini mangandung zat tertentu yg mampu meningkatkan hormon estrogen dan progestron. Fungsi inilah sehingga daun ini sering dimanfaatkan sebagai obat kemandulan. Dalam masakan, daun kemangi dapat memberikan bau yang khas, seperti contoh pada pepes. Selain itu,daun kemagi juga dapat dimakan sebagai lalapan.
Membedah kandungan daun kemangi berarti mengurai satu per satu zat yang ada di setiap helai daunnya. Kemangi mengandung berbagai macam unsur yang penting bagi tubuh. Mulai dari provitamin A (atau biasa disebut betakaroten), kolagen, fosfor, Vitamin C, senyawa arginin, minyak atsiri, flavanoid, eugenol, boron dan anetol.


Masing-masing unsur yang terkandung di dalam helai daun kemangi memiliki manfaatnya masing-masing. Sebut saja betakaroten yang memiliki fungsi memelihara penglihatan, merangsang kekebalan tubuh, mendukung daya kembang tubuh serta sebagai zat antiradikal bebas. Sedangkan Vitamin C dalam daun kemangi memiliki fungsi untuk membentuk kolagen yang berperan dalam penyembuhan luka, membantu penyerapan zat besi serta kalsium,mencegah kangker dan juga sebagai antioksidan.
Senyawa lain seperti arginin, eugenol,anetol,dan boron berperan dalam melindungi serta menyehatkan organ reproduksi bagi wanita juga pria. Bagi wanita, kandungan daun kemangi sangat baik sebab bisa membatu memerangi penyebab keputihan yakni serangan jamur. Sedangkan untuk pria, unsur yang ada dalam kemangi mampu memelihara kesehatan sperma serta mengusir penyakit paling mengganggu bagi pria, ejakulasi dini.
10 gram daun kemangi, disimpulkan :


Vitamin A {RE} : 750
Vitamin B {mg} : 0,08
Vitamin C {mg} : 50
Energi {k.kal} : 46
Karbohidrat {g} : 8,9
Kalsium {mg} : 45
Protein {g} : 4,0
Lemak {g} : 0,5
Fosfor {mg} : 75
Zat Besi {mg} : 2
Air (g) 85

Khasiat dan kegunaan daun kemangi sangat banyak mulai dari bahan dan bumbu masakan, untuk kesehatan tubuh sampai daun kemangi yang diolah menjadi obat-obatan herbal. Berikut ini khasiat dan kegunaan daun kemangi :

MELANCARKAN ALIRAN DARAH
Dalam daun kemangi terkandung zat Magnesium yang berfungsi baik untuk merilexkan jantung dan pembuluh darah, ini akan membuat aliran darah tetap lancar.


MENGOBATI DEMAM & MASUK ANGIN PADA BALITA
Jika anda mempunyai anak balita yang sedang menderita perut kembung/masuk angin dan demam, mungkin resep ini bisa dicoba. Ambil beberapa daun kemangi, remas dengan bawang merah dan minyak kelapa lalu oleskan pada  perut, dada dan punggung.


MEMBUNUH JAMUR PENYEBAB KEPUTIHAN
Kandungan senyawa eugenolnya efektif untuk membunuh jamur penyebab keputihan.


MELAWAN RADIKAL BEBAS
Daun kemangi memiliki Antioksidan tinggi yang sangat bagus untuk melawan radikal bebas pada tubuh. Antioksidan yang berupa flavonoid dan eugenol berperan penting untuk mencegah pertumbuhan virus, bakteri, dan jamur.

MENINGKATKAN KEKEBALAN TUBUH
Kandungan Betakarotin dalam daun kemangi dapat meningkatkan respon antibodi dalam tubuh sehingga meningkatkan kekebalan tubuh. Betakarotin ini juga berfungsi membantu proses sintesis protein sehingga membantu proses pertumbuhan dan memperbaiki sel sel yang rusak.


Source : http://www.caramembuatmu.com/2013/07/kandungan-daun-kemangi-serta-kegunaan-daun-kemangi.html
https://darma2703.blogspot.com/2018/10/spice-02.html 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar