Rabu, 30 Januari 2019

Daily Activity (Indonesia version) 30 januari 2019

RABU, 30 JANUARI 2019

Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Hari ini hari ketiga minggu praktek pertama.
Pada pukul 08.00 kami mulai melakukan oneline di depan pastry karena hari ini cuaca juga tidak baik, maka kami oneline di pastry. Tentu saja yang pertama kali dilakukan adalah pengabsenan sebelum masuk ke materi. setalah pengabsenan dilanjutkan pengenalan senior dan cerita tentang pengalaman mereka selama melakukan On the job training. tentu saja lain orangnya lain pula pengalaman serta pelajaran yang dapat kita petik.

Setelah kegiatan tersebut dilanjutkan dengan review materi. kemudian persiapan untuk materi hari ini. yaitu PIE DOUGH dan SUGAR DOUGH. sebelum showing supervisior menyiapkan kebutuhan dari materi hari ini seperti becamel sauce, coklat cair, pastry cream. persiapannya agak memakan waktu mungkin karena bahan kitchen belum teratur dengan rapi.

 Pada apukul 10.15 showing baru dimulai, kemudian dosen menjelaskan tentang pie dan sugar dough.
sedikit saya ketahui tentang pie yaitu jenis pastry yang berasal dari mesir, kemudian terkenal di Amerika dan kemudian merambat ke Inggris. pada awalnya, pie digunakan sebagai pembungkus daging, dan bahan-bahan lainnya agar tetap lembab selama dimasak dan agar isinya kedap udara serta tidak mudah basi.
Sedangkan Sugar dough adalah adonan yang digunakan untuk membuat kue kering yang memiliki rasa manis.

pada pukul 11. 10  kami baru mempraktikkan materi hari ini, saya sempat kewalahan karena recipe yang digunakan musti dibagi agar setiap kelompok tidak membuat adonan berlebihan. Kami mulai mencampur bahan dan juga membuat pie dan sugar dough tidak boleh sembarang mencampur bahan karena kita menghindari adanya gumpalan pada adonan. dan pada percobaan pertama adonan kami sempat membuat khawatir namun masih bisa di perbaiki. setelah menjadi adonan, kedua adonan dimasukkan kedalam chiller.

Setah shalat dzuhur, dosen kembali showing cara membentuk pie dough dan sugar dough. setalah dibentuk kami juga mulai membentuk adonan kami dan sebelum itu senior showing terlebih dahulu cara membuat pastry cream. setelah itu setiap kelompok diperintahkan membuat sauce, antara becamel sauce dan pastry cream.
Setelah itu kami mulai mempraktikkan pie dough dan sugar dough. lagi-lagi awalnya adonan kami tidak beres dan kami masih bisa mengatasinya. setala selesai dan siap adonan kami masukkan kedalan chiller selama 10 menit sebelum ia di baking. setelah itu adonan mulai di masukkan kedalam oven dan di panggang.


Setelah Shalat Ashar pie dough dan sugar dough telah selesai senior mulai menyusunnya.
Setelah itu kami melakukan General Cleaning. setelah GC kami kembali oneline karena ada yang perlu disampaikan oleh dosen tentang hasil praktik kami hari ini. dan hasilnya belum sempurna namun masih bisa dimaklumi oleh dosen.

Demikian kegiatan saya hari ini. semoga bermanfaat bagi saya dan teman-teman hari ini esok dan kedepannya. semoga mendapat berkah dari Allah Swt. Semoga dipanjangkan umur kita di murahkan rezeki dan dimudahkan dalam segala urusan.
Apabila ada kesalahan atau kekurangan itu datang dari saya pribadi. dan apabila ada kelebihan itu datang dari Allah. Karena sesungguhnya  hanyalah Allah yang sempurna.

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.







Tidak ada komentar:

Posting Komentar