Selasa, 29 Januari 2019

DAILY ACTIVITY (INDONESIAN VERSION)

SENIN 28 JANUARI 2019

Assalamualaikum Waramatullahi Wabarakatuh ..

Selamat datang di semester baru. Semester 2. Dimana tugas dan tanggung jawab baru juga akan dimulai. Hari ini adalah hari pertama kami melakukan praktek di kitchen setelah libur semester kurang lebih 3 minggu. Hari pertama praktek dapat dibilang lumayan melelahkan. sebab, kami melakukan atau mempraktikkan 2 produk dalam sehari yakni PUFF PASTRY & DISHES EGG.
 
 Sebagai awal kami terlebih dahulu mempraktikkan PUFF PASTRY. Sebelum kami mempraktikkan atau membuat PUFF PASTRY seperti biasa dosen atau senior melakukan showing terlebih dahulu. kali ini dosen yang melakukan showing. kemudian dijelaskanlah semua tentang puff pastry secara rinci meskipun kami tetap harus mencari referensi tentang puff pastry sebagai tugas.

Oh iya. Hari ini kami juga bertemu dengan kakak senior yang semester lalu melakukan  On the job training . tentu saja yang pertama kali kita lakukan adalah berkenalan. setelah berkenalan kami meminta kepada kaka kaka senior kami untuk menceritakan sedikit pengalaman mereka selama melakukan on the job training . yah. sangat banyak pelajaran yang dapat dipetik dari pengalaman mereka.

Sekarang kita lanjut tentang materi. Setelah Showing kami kemudian dibagi kelompok setiap kelompok terdiri dari 3 orang. Setelah itu kami prepare. Setelah semua alat dan bahan siap, kami langsung doing membuat puff pastry. tentu saja kami berbagi pekerjaan agara semua anggota kelompok dapat membuat puff pastry. membuat puff pastry tidak terlalu sulit dibandingkan dengan membuat croissant yang memakan waktu banyak. setelah dilipat puff pastry tidak perlu dimasukkan kedalam chiller kemudian di roll kembali. setelah adonannya selesai dilipat kami diminta untuk memasukkan adonan puff pastry kami kedalam chiller dan akan dibentuk esok hari.







Setelah Shalat dzuhur, kami lanjut ke materi kedua yaitu DISHES EGG. Awalnya saya pikir akan sulit dengan materi ini. mengingat, bahan utamanya adalah telur yang mudah pecah. namun setelah melihat dosen melakukan showing dan mempraktikkan dishes egg. ternyata tidak begitu sulit asalkan kita tidak terburu-buru mengerjakannya. pada saat melakukan praktik dishes egg saya dan teman kelompok saya mendapatkan kendala. karena kami tidak kebagian pan, sehingga kami harus menunggu kelompok lain menyelesaikan egg dishes mereka. namun itu bukanlah hal besar untuk menurunkan semngat belajar kami.








 Sebelum lanjut, kami terlebih dahulu melakukan Shalat Ashar.
Setelah shalat ashar, kami menyelesaikan membuat dishes egg kemudian diminta untuk mengumpulkan hasilnya . dan Syukur Alhamdulillah beberapa Dishes Egg kami lumayan bagus dan yang lainnya agak keliru dalam mempraktikkannya misalkan bentuk ommelette yang kami buat belum sempurna.

Demikian kegiatan saya hari ini. semoga bermanfaat bagi saya dan teman-teman hari ini esok dan kedepannya. semoga mendapat berkah dari Allah Swt. Semoga dipanjangkan umur kita di murahkan rezeki dan dimudahkan dalam segala urusan.
Apabila ada kesalahan atau kekurangan itu datang dari saya pribadi. dan apabila ada kelebihan itu datang dari Allah. Karena sesungguhnya  hanyalah Allah yang sempurna.

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar