Selasa, 29 Januari 2019

DAILY ACTIVITY ( INDONESIAN VERSION )

SELASA, 29 JANUARI 2019

Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Hari ini adalah hari kedua minggu praktek. saya berangkat dari Asrama menuju kampus pada pukul 7.15 . Sehingga sebelum Oneline yaitu pada jam 08.00 saya telah tiba di kitchen. Sebelum berkegiatan, seperti biasa kami melakukan one line, hari ini karena cuaca tidak bagus karena hujan, kami melakukan one line di depan pastry. kemudian kami menyimpan barang kami kedalam loker kemudian kembali one line di dalam pastry.

Saat kami oneline di dalam pastry, pertama-tama kami di absen, kemudian pemeriksaan grooming. setelah itu kami saling perkenalkan diri dengan senior berhubung baru pertama kalinyankami bertemu.seperti kemarin kami meminta senior menceritkan pengalaman merekan dari tempat training untuk diambil pelajaran dan sebagai bekal buat kami  yang kelak juga akan melaksanakan training.
Setelah perkenalan itu, kami kembali membicarakan kegiatan yang kemarin kami lakukan sebelum kemudian dosen datang untuk memberikan arahan.

Ketika dosen datang ia menjelaskan materi tentang metode SOUS VIDE (slow cook). dimana ia menyampaikan bahwa Sous Vide merupakan metode memasak menggunakan water bath dan suhunya tidak boleh berada di bawah 88 derajat serta menggunakan plastik bag atau plastik zig serta berfungsi untuk menciptakan tekstur warna yang cantik dan memiliki kandungan gizi yang terjaga.
Namun kami blum bisa mempraktikkan metode Sous Vide secara langsung berhubung alat yang digunakan masih terbatas. oleh karena itu kami hanya di perlihatkan bagamana cara pakai dan hasil dishes egg menggunakan metode ini.

Namun sebelum kami melangkah pada materi Sous Vide, kami terlebih dahulu menyelesaikan pekerjaan kemarin yang belum rampung yaitu membentuk Puff Pastry kedalam beberapa bentuk yang terdiri dari : -procedure for making Turnovers
                    -procedure for making pinwheels
                    -procedure for making patty shells
                    -procedure for making cream horm
                    -procedure for making Napoleons
namun kami hanya membuat 4 bentuk. cream horm tidak kami praktikkan.

Setelah selesai membentuk 4 bentuk kami kemudian one line sambil menunggu oven pada suhu 220 derajat celcius. untuk mengisi waktu waktu kami diarahkan untuk membaca small book kami untuk di riview. sambil membaca small book ada pula teman-teman yang masih penasaran dengan pengalaman senior saat training. waktupun digunakan untuk bercerita dan sebagian di riview. pada jam 12.00 Ummat muslim di perintahkan untuk melaksanakan shalat Dzuhur dan yang lainnya menjaga adonan puff pastry saat di baking. Alhasil Puff pastry buatan kami tidak mengulang. Alhamdulillah.

Setalah memakan Puff Pastry yang kami buat kami melanjutkan dengan memerhatikan memasak telur menggunakan proses Sous Vide. telur dibagi menjadi 3 wadah dimana wadah pertama yaitu Hard boiled egg , wadah kedua soft boiled egg dan wadah ketiga yaitu poached egg. setelah semua telur masak kami di bagikan telur telur tersebut dan dimakan. setelah pesta telur kami di bagi section General Cleaning dan segera melakukan GC sebelum Shalat Ashar tiba.
Saat shalat ashar tiba. Umat muslim segera melaksanakan shalat dan lainnya melanjutkan GC. pada jam 16.35 kami melakukan one line dan pulang.


Demikian kegiatan saya hari ini. semoga bermanfaat bagi saya dan teman-teman hari ini esok dan kedepannya. semoga mendapat berkah dari Allah Swt. Semoga dipanjangkan umur kita di murahkan rezeki dan dimudahkan dalam segala urusan.
Apabila ada kesalahan atau kekurangan itu datang dari saya pribadi. dan apabila ada kelebihan itu datang dari Allah. Karena sesungguhnya  hanyalah Allah yang sempurna.

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.











Tidak ada komentar:

Posting Komentar