Jumat, 13 September 2019

Ingredients 4

1. Kemiri


Source : https://www.idntimes.com/health/fitness/louisa-gabe/6-manfaat-kemiri-bagi-kesehatan-tak-hanya-untuk-rambut-c1c2

Kemiri (Aleurites moluccana), adalah tumbuhan yang bijinya dimanfaatkan sebagai sumber minyak dan rempah-rempah. Tumbuhan ini masih sekerabat dengan singkong dan termasuk dalam suku Euphorbiaceae.
Kemiri terutama ditanam untuk bijinya; yang setelah diolah sering digunakan dalam masakan Indonesia dan masakan Malaysia. Di Pulau Jawa, kemiri juga dijadikan sebagai saus kental yang dimakan dengan sayuran dan nasi. Kemiri memiliki kesamaan dalam rasa dan tekstur dengan macadamia yang juga memiliki kandungan minyak yang hampir sama. Kemiri juga dibakar dan dicampur dengan pasta dan garam untuk membuat bumbu masak khas Hawaii yang disebut inamona. Inamona adalah bumbu masak utama untuk membuat poke tradisional Hawaii

Inti biji kemiri mengandung 60–66% minyak. Di Hawaii, pada masa kuno, kemiri (di sini disebut kukui) dibakar untuk menghasilkan cahaya. Kemiri disusun berbaris memanjang pada sehelai daun palem, dinyalakan salah satu ujungnya, dan akan terbakar satu demi satu setiap 15 menit atau lebih. Ini juga berguna sebagai alat pengukur waktu. Misalnya, seseorang bisa meminta orang lain untuk kembali ke rumah sebelum kemiri kedua habis terbakar.

Biji kemiri mengandung bahan beracun dengan kekuatan ringan. Karena itu sangat tidak dianjurkan mengonsumsi biji kemiri secara mentah. Penggunaan kemiri harus diawali dengan menyangrai (memanaskan tanpa minyak atau air) hingga biji hangat. Pemanasan akan menguraikan toksin.
Kandungan zat gizi mikro yang terdapat dalam kemiri contohnya protein, lemak, dan karbohidrat. Mineral yang dominan dalam kemiri adalah kalium, fosfor, magnesium, dan kalsium. Juga terkandung zat besi, seng, tembaga, dan selenium, dalam jumlah sedikit.

Dalam masakan, kemiri berfungsi sebagai pengental kuah sekaligus membantu menguatkan aroma sedap dan rasa makanan. Penggunaan kemiri juga sering disandingkan dengan santan, fungsi kemiri adalah menjaga konsistensi santan agar tidak pecah ketik dipanaskan, karena kemiri memiliki sifat mengikat santan.
Untuk membantu mengeluarkan dan mendapatkan aroma sedap yang khas pada makanan, biji kemiri disangrai atau digoreng dulu sebelum dijadikan bumbu masakan. Setelah disangrai atau digoreng, kemiri akan mengeluarkan minyak yang beraroma sedap, dan inilah yang akan membantu memberi kelezatan pada makanan.
Bisa dibilang kemiri adalah rempah yang hampir ada di setiap kuliner nusantara meski penggunaannya tidak banyak. Meski penggunaannya tidak dibutuhkan dalam jumlah besar namun peran kemiri sangat menentukan kelezatan hasil akhir makanan.

Pohon, tinggi 25-30 m. Batang tegak, berkayu, permukaan banyak lentisel, percabangan simpodial, cokelat. Daun tunggal, berseling, lonjong, tepi rata, bergelombang, ujung runcing, pangkal tumpul, pertulangan menyirip, permukaan atas licin, bawah halus, panjang 18-25 cm, lebar 7-11 cm, tangkai silindris, hijau. Bunga majemuk, bentuk malai, berkelamin dua, di ujung cabang, putih. Buah bulat telur, beruas-ruas, masih muda hijau setelah tua cokelat, berkeriput. Biji bulat, berkulit keras, beralur, diameter ± 3,5 cm, berdaging, berminyak, putih kecokelatan. Akar tunggang, cokelat. 

Source : https://id.wikipedia.org/wiki/Kemiri
https://lifestyle.kompas.com/read/2011/03/16/16281340/Kemiri.Menyehatkan.Rambut.sampai.Perut
https://www.fimela.com/lifestyle-relationship/read/3873116/fungsi-kemiri-dalam-masakan-penyedap-rasa-alami-hingga-pengikat-santan
http://ccrc.farmasi.ugm.ac.id/?page_id=121 

2. Tamarind (Asam Jawa)
 
Source : https://manfaat.co.id/35-manfaat-asam-jawa-bagi-kesehatan-yang-teruji

Asam jawa, asam atau asem adalah sejenis buah yang masam rasanya; biasa digunakan sebagai campuran bumbu dalam banyak masakan Indonesia sebagai perasa atau penambah rasa asam dalam makanan, misalnya pada sayur asam atau kadang-kadang pada kuah pempek. Asam juga digunakan untuk campuran jamu tradisional yang dijual oleh penjual jamu keliling, biasanya ibu-ibu yang menggendong bakul dengan botol berisi aneka jamu (jamu gendong).
Asam jawa dihasilkan oleh pohon dengan nama ilmiah Tamarindus indica, yang termasuk suku Fabaceae (Leguminosae). Spesies ini adalah satu-satunya anggota marga Tamarindus. Nama lain asam jawa adalah asam (Mly.), asem (Jw., Sd.), acem (Md.), asang jawa, asang jawi (berbagai bahasa di Sulawesi) dan lain-lain[1]. Juga sampalok, kalamagi (Tagalog), magyee (Burma), ma-kham (Thai), khaam (Laos), khoua me (Kamboja), me, trai me (Vietnam), dan tamarind (Ingg.). Buah yang telah tua, sangat masak dan dikeringkan biasa disebut asem kawak. 
"Asam" adalah nama umum yang dipakai untuk semua bumbu berasa masam pada masakan, termasuk juga asam kandis dan asam gelugur. Nama "asam jawa" dipakai oleh orang Melayu karena dipakai dalam masakan Jawa

Pohon asam berperawakan besar, selalu hijau (tidak mengalami masa gugur daun), tinggi sampai 30 m dan diameter batang di pangkal hingga 2 m. Kulit batang berwarna coklat keabu-abuan, kasar dan memecah, beralur-alur vertikal. Tajuknya rindang dan lebat berdaun, melebar dan membulat.
Daun majemuk menyirip genap, panjang 5-13 cm, terletak berseling, dengan daun penumpu seperti pita meruncing, merah jambu keputihan. Anak daun lonjong menyempit, 8-16 pasang, masing-masing berukuran 0,5-1 × 1-3,5 cm, bertepi rata, pangkalnya miring dan membundar, ujung membundar sampai sedikit berlekuk.
Bunga tersusun dalam tandan renggang, di ketiak daun atau di ujung ranting, sampai 16 cm panjangnya. Bunga kupu-kupu dengan kelopak 4 buah dan daun mahkota 5 buah, berbau harum. Mahkota kuning keputihan dengan urat-urat merah coklat, sampai 1,5 cm.
Buah polong yang menggelembung, hampir silindris, bengkok atau lurus, berbiji sampai 10 butir, sering dengan penyempitan di antara dua biji, kulit buah (eksokarp) mengeras berwarna kecoklatan atau kelabu bersisik, dengan urat-urat yang mengeras dan liat serupa benang. Daging buah (mesokarp) putih kehijauan ketika muda, menjadi merah kecoklatan sampai kehitaman ketika sangat masak, asam manis dan melengket. Biji coklat kehitaman, mengkilap dan keras, agak persegi.

Asam jawa merupakan buah tinggi kalori, di mana setiap 100 gramnya mengandung sekitar 240 kalori. Asam jawa mengandung banyak karbohidrat dan serat. Selain itu, asam jawa juga mengandung vitamin A, vitamin B, vitamin C, vitamin E, vitamin K, kalsium, zat besi, seng, kalium, magnesium, dan fosfor

Kalau kamu berada di pulau Jawa, asam yang sering kamu temui pasti asam jawa. Kalau orang barat menyebut asam jawa sebagai tamarind. Asam jawa ini merupakan daging buah asam yang sudah direbus lalu dibuat jadi berbentuk pasta. Kalau kamu ke warung, biasanya asam jawa pasta ini dibungkus satu per satu dengan plastik bening.
Untuk menggunakannya, kamu bisa merendam asam jawa yang sudah jadi pasta ini, dengan air panas kemudian gunakan airnya saja. Tapi, gak jarang juga orang menjual asam jawa yang belum dijadikan pasta. Asam jawa yang dijual ini adalah asam yang sudah tua tanpa kulit dan biasanya digunakan untuk pembuatan sayur asam. Yang pasti, rasa asam dari asam jawa ini sangat menambah citarasa maknyos dalam masakan.

Source : https://id.wikipedia.org/wiki/Asam_jawa
https://www.dokter.id/berita/manfaat-asam-jawa-bagi-kesehatan
https://resepkoki.id/aneka-jenis-asam-dan-kegunaannya-untuk-masakan/

3. Kenari
Source : http://www.satuharapan.com/read-detail/read/kenari-peringkat-teratas-kandungan-antioksidan-kacang-kacangan

Kacang kenari adalah sebuah kacang dari berbagai pohon bergenus Juglans (Keluarga Juglandaceae), yang sebagian besar adalah kacang kenari Persia atau Inggris, Juglans regia. kacang tersebut digunakan untuk makanan setelah diproses ketika masih berwarna hijau untuk membuat makanan dengan rasa asam atau ketika sudah matang untuk diambil daging kacang-nya. Daging biji kacang kenari hitam timur dari Juglans nigra secara komersial kurang tersedia, seperti halnya daging kacang mentega dari Juglans cinerea. Kacang kenari kaya akan protein dan asam lemak esensial 
Dua spesies utama yang paling umum dari kacang kenari yang ditumbuhkan untuk diambil bijinya adalah kacang kenari Persia atau Inggris dan kacang kenari hitam. Kacang kenari Inggris (J. regia) berasal dari Persia, dan kacang kenari hitam (J. nigra) berasal dari bagian timur Amerika Utara. Kacang kenari hitam memiliki rasa yang tinggi, namun karena kulitnya yang keras dan karakteristiknya yang rendah kelobot, tanaman tersebut tidak ditumbuhkan secara komersial untuk produksi kacang. Sejumlah kultivar kacang kenari dikembangkan secara komersial, yang semuanya merupakan hasil hibrida dari kacang kenari Inggris.[1]
Spesies lainnya meliputi J. californica, kacang kenari hitam California (biasanya digunakan sebagai sebuah stok akar untuk pembuahan komersial dari J. regia), J. cinerea (kacang mentega), dan J. major, kacang kenari Arizona. 

Kandungan Gizi
Jumlah Per
Kalori (kcal) 654
Jumlah Lemak 65 g
Lemak jenuh 6 g
Lemak tak jenuh ganda 47 g
Lemak tak jenuh tunggal 9 g
Kolesterol 0 mg
Natrium 2 mg
Kalium 441 mg
Jumlah Karbohidrat 14 g
Serat pangan 7 g
Gula 2,6 g
Protein 15 g
Vitamin A20 IUVitamin C1,3 mg
Kalsium98 mgZat besi2,9 mg
Vitamin D0 IUVitamin B60,5 mg
Vitamin B120 µgMagnesium158 mg  

 

Kacang Kenari - Bukan hanya enak dimakan atau bikin cemilan, selain bisa buat kue kacang kenari juga baik untuk kesehatan jantung dan kulit Anda. Mau bukti?

Sejak dahulu, kacang-kacangan telah lama dipromosikan sebagai camilan bergizi oleh profesional kesehatan. Kenari merupakan salah satu jenis kacang yang kaya akan manfaat bagi kesehatan. Kudapan ini aman dan tak membuat gula darah cepat naik.   Kenari pun merupakan salah satu sumber tanaman protein yang terbaik. Sebuah studi dari Marshall University School of Medicine menunjukkan bahwa konsumsi kacang kenari secara rutin bisa menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kolesterol sehat (HDL) dalam tubuh.

Seperti dilansir
Boldsky, dan Times of India., dengan memiliki banyak kandungan yang baik untuk kesehatan, tidak ada salahnya melirik manfaat kacang kenari untuk tubuh kita. Apa saja manfaatnya ?

- Mencegah Kanker - Kacang Kenari mengandung kadar polifenol yang sangat tinggi. Polifeno merupakan antioksidan yang dapat melindungi tubuh dari molekul yang merusak jaringan. Hal ini tentu baik untuk menurunkan risiko kanker. Kenari baik untuk pencegahan kaner prostat atau payudara.

- Menjaga Jantung - Sumber lemak omega-3 dan alpha linoleic acid (ALA) yang dikenal untuk meningkatkan fungsi arteri, pembuluh darah berotot yang membawa darah dari jantung. Sehingga kesehatan jantung pun dapat terjaga dengan baik. Kenari meningkatkan elastisitas pembuluh darah dan akumulasi plak. Oleh karena itu, dapat mengurangi kemungkinan penyakit jantung. Kenari juga secara signifikan mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh kita. Salah satu jenis kacang-kacangan ini sehat bagi jantung kita karena kaya akan omega-3 asam lemak. Orang yang memiliki masalah kolesterol harus mengkonsumsi kacang sehat ini seperti dalam diet untuk mengurangi risiko stroke.

- Pencegahan Batu Empedu -  Konsumsi kenari sebagai bagian dari makanan sehari-hari dapat membantu dalam pencegahan batu empedu.

- Menurunkan Berat Badan - Lemak tak jenuh tunggal hadir dalam kenari membantu dalam menurunkan kolesterol jahat dan lipoprotein, suatu senyawa yang dapat menyebabkan aterosklerosis dengan meningkatkan pembekuan darah. Kenari merupakan kacang sehat yang mengurangi kolesterol dalam darah Anda dan meningkatkan gerakan usus. Dengan demikian membantu dalam pencernaan yang lebih baik dan membakar lebih banyak kalori. Dengan demikian, Anda dapat menurunkan berat badan dengan mudah dengan mengkonsumsi 2-3 kenari setiap hari.

- Meningkatkan Kerja Otak - Kenari sering disebut sebagai “makanan otak”. Itu karena mereka merupakan sumber yang kaya omega-3, asam lemak yang memainkan peran utama dalam fungsi optimal dari sel-sel otak sehingga membuat Anda lebih pintar.

- Menghilangkan Kebiasaan susah Tidur / Insomnia - Melatonin, senyawa yang ditemukan dalam kenari sangat membantu dalam mempromosikan tidur yang baik mengurangi insomnia dan gangguan tidur.

- Kontrol Diabetes - Kenari dapat meningkatkan fungsi endotel dalam tubuh manusia dimana melebarkan pembuluh darah dan mengurangi sindrom metabolik. Hal ini membantu mengontrol diabtes.

- Kaya Vitamin E dan Protein - Kenari merupakan sumber vitamin E dan protein. Dengan tingginya kandungan protein, kenari dianggap sebagai pengganti daging yang sehat. Jadi, jika Anda seorang vegetarian konsumsi kenari untuk dapatkan protein yang cukup.


Source : https://id.wikipedia.org/wiki/Kacang_kenari
https://resepmasakanyuni.blogspot.com/2013/01/manfaat-kacang-kenari.html


Tidak ada komentar:

Posting Komentar