Rabu, 20 November 2019

Daily Activity 22

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Alhamdulillah, kita masih dipertemukan oleh Allah Swt.


Hari ini dikampus, diadakan upacara terlebih dahulu dalam rangka memperingati hari sumpah pemuda, setelah mengikuti upacara saya mengganti baju terlebih dahulu, saya segera menuju asrama untuk berganti pakaian. setelah itu, saya langsung menuju kitchen untuk melakukan praktik.

Setelah sampai ternyata bahan baru datang dan yang pertama kali kami lakukan adalah menyusun dan mengatur bahan sebelum kemudian dipakai. setelah mengatur semua bahan, kami kembali menyipkan diri untuk melakukan praktik.

pada pukul 08.30 kami mulai melakukan oneline dan kami membahas menu Ala carte 1 dimana menu ini sudah putaran kedua maka kami ditekankan pada rasa dan teksture makanan kami. setelah semua menu sudah dibahas, kami kemudian dibagi kelompok lagi. wah benar saja. kami kebagian secyion main course. haha. tentu saja agak terkejut tapi sudalah. setelah oneline bubar dengan catatan semuanya harus beres pada jam 3. kami pun bubar.

Selanjutnya adalah brefing kelompok. karena kami pada section maincourse kami tida banyak melakukan prepare hanya beberapa. oleh karena itu hari ini kelompok kami mendapat bagian steward. setelah brefing kelompok kami kemudian menyerahkan catatan kesemua section tentang bahan apa saja yang kami butuhkan.

Setelah itu saya kembalii membaca-baca recipe dan saya mendapat menu Duchesse Potato segera saya bertanya dan segera hari itu juga saya mulai membuatnya.
berikut recipe duchesse potato :

Ingredients :
3 kg potatoes
100 gr butter
to taste salt
to taste white pepper
to taste nutmeg
10 pcs egg yolks

Procedure :
1. Steam potatoes or simmer then in salted water until tender. drain in a colander and let dry in an oven for several minutes
2. pass the potatoes through a food mll or ricer
3. add butter and mixer to a smooth paste. season to taste with salt, pepper, and just a little nutmeg
4. if the potatoes are very moist, stir over a low flame to stiffen. they must be much stiffen than mashed potatoes
5. add the egg yolks and beat until smooth
6. put the mixture in a pastry bag with a star tube and bag out into desired shapes on sheet pan or as platter boerders. cone shaped spiral mounds are most popular for individual portion sevice.
7. if desired, brush lightly with egg wash for grater browning
8. At service time, place potatoes in hot oven (400 - 425 derajat F/ 200-230 derajat C) until lighly browned. platter borders may be browned under the salamander)

Saya mulai mem-blanch potatoes

Saya mulai mencampur dan menghaluskan potatoes yang sudah di mash dan di blanch.

setelah itu disimpan

dan memberi informasi kepada section cold kitchen untuk prepare pumpkin untuk soup.

Setelah itu, kami mulai menuju steward setelah pekerjaan selesai. kami mulai steward dan yang lai  menyiapkan anak bangsa. Setelah semua preparean selesai, kami makan siang dilanjutkan GC. pukul 3 laki-laki meninggalkan kitchen untuk mengikuti kajian dan perempuan yang menyelesaikan kitchen. sambil gc kami juga masih menunggu grating dauphinoise yang di bake.


Kitchen selesai pada pukul 17.20 setelah istirahat beberapa saat, kami diperintahkan utnuk oneline dan kami di persilahkan untuk pulang.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar