Selasa, 05 November 2019

INGREDIENTS 7

1. Daun Kemangi


Kemangi adalah sayuran yang sering digunakan untuk dijadikan sebagai lalapan. Daun kemangi memiliki tekstur yang lembut dan memiliki bunga di setiap helainya. Ciri khas dari kemangi adalah daunnya yang sangat wangi yang berasal dari bunganya. Sehingga ketika dimakan akan terasa wangi di dalam mulut. Kemangi merupakan tumbuhan yang memiliki banyak cabang dan berwarna hijau. 

Kemangi selain dijadikan lalapan dapat juga dijadikan sebagai bumbu campuran untuk membuat pepes ataupun ayam rica-rica. Kemangi dapat ditemukan juga pada masakan Thailand karena menghasilkan aroma yang lebih harum pada masakan yang dibuat. Menikmati lalapan kemangi dengan sambal dan ayam atau lele goreng merupakan perpaduan yang sangat pas untuk disantap.
Kemangi sebagai lalapan ini memiliki banyak kandungan gizi yang baik untuk tubuh. Kemangi memiliki kandungan vitamin A, vitamin C, kolagen, fosfor, eugenol, dan mengandung minyak astiri. Mengkonsumsi kemangi sangat baik untuk wanita yang sedang menyusui karena dapat memperlancar ASI. Selain itu, kemangi dapat mengobati keputihan, menyehatkan mata dan mulut, meredakan demam serta masuk angin, mengobati bengkak, menopouse, baik untuk jantung, serta dapat merangsang perkembangan sel telur. Sehingga baik sekali mengkonsumsi kemangi sebagai menu dalam masakan Anda.
Menyantap kemangi yang wangi ini bisa dengan dijadikan sebagai lalapan atau sebagai bumbu untuk membuat pepes dan ayam rica-rica. Mengolahnya pun cukup mudah, cukup dengan menyampurkan helaian daun kemangi dalam masakan. Sehabis menyantap olahan masakan dari kemangi, maka Anda akan merasakan aroma yang wangi keluar dari mulut Anda.

Kemangi yang segar memiliki rasa dan aroma yang kuat. Namun, jika kemangi tidak disimpan dengan cara yang benar maka kemangi akan cepat sekali busuk. Kemangi yang buruk kualitasnya justru akan menimbulkan racun yang tidak baik untuk kesehatan. Berikut beberapa cara mengolah kemangi agar tidak cepat busuk dan tetap segar:

  • Pilih daun kemangi yang tidak bergelombang pada daunnya;
  • Pilih yang masih memiliki tekstur halus pada daunnya. Caranya dengan menyentuh dan merasakannya kalau daun kemangi tidak kasar, tidak kering, dan lembut;
  • Jangan pilih daun kemangi yang sudah sobek karena menimbulkan bakter;
  • Daya tahan daun kemangi hanya 2 hari pada suhu ruangan, sebaiknya simpan pada lemari es untuk menjaganya agar tetap segar. Namun, sebaiknya tidak menyimpan lebih dari 2 – 3 hari;
  • Untuk dijadikan lalapan, cukup dengan mencuci bersih daun kemangi. Sedangkan untuk dijadikan bumbu atau campuran masakan, dapat dipetik terlebih dahulu daunnya agar tidak termakan batang kemanginya.
Kemangi yang segar memiliki rasa dan aroma yang kuat. Namun, jika kemangi tidak disimpan dengan cara yang benar maka kemangi akan cepat sekali busuk. Kemangi yang buruk kualitasnya justru akan menimbulkan racun yang tidak baik untuk kesehatan. Berikut beberapa cara mengolah kemangi agar tidak cepat busuk dan tetap segar:

  • Pilih daun kemangi yang tidak bergelombang pada daunnya;
  • Pilih yang masih memiliki tekstur halus pada daunnya. Caranya dengan menyentuh dan merasakannya kalau daun kemangi tidak kasar, tidak kering, dan lembut;
  • Jangan pilih daun kemangi yang sudah sobek karena menimbulkan bakter;
  • Daya tahan daun kemangi hanya 2 hari pada suhu ruangan, sebaiknya simpan pada lemari es untuk menjaganya agar tetap segar. Namun, sebaiknya tidak menyimpan lebih dari 2 – 3 hari;
  • Untuk dijadikan lalapan, cukup dengan mencuci bersih daun kemangi. Sedangkan untuk dijadikan bumbu atau campuran masakan, dapat dipetik terlebih dahulu daunnya agar tidak termakan batang kemanginya.

Penelitian yang dilakukan oleh John Henry M. dalam bukunya "A Dictionary of Practical Material Medical" mengatakan bahwa daun kemangi memiliki kemampuan untuk menyembuhkan berbagai penyakit seperti nyeri payudara, gangguan pada vagina, batu ginjal, diare hingga albuminaria.
Sedangkan berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Center for New Crops and Plant Products, Purdue University, AS , membuktikan bahwa daun kemangi terbukti berkhasiat ampuh mengatasi keluhan flu, diare, sakit kepala, cacingan, sembelit, hingga penyakit ginjal.
Penelitian tersebut juga menghasilkan bahwa daun kemangi memiliki manfaat untuk mengatasi maag, badan lesu, perut kembung, kejang2 hingga masuk angin. Aroma dari daun kemangi juga dapat digunakan sebagai obat nyamuk.

Sources : http://www.kerjanya.net/faq/18232-kemangi.html
https://web.facebook.com/247955992000221/photos/manfaat-daun-kemangi-dalam-masakansalah-satu-manfaat-daun-kemangi-dalam-kehidupa/255853004543853/?_rdc=1&_rdr


 2. Santan


Indonesia merupakan salah satu negara yang aktif dan kreatif menggunakan santan dalam menu masakannya. Apalagi dalam bulan puasa, santan hampir digunakan untuk segala jenis masakan, bahan buka puasa, dan kue nikmat menyambut lebaran.
Selain memperkuat cita rasa dan aroma, masakan bersantan juga memberi manfaat kesehatan yang baik. Santan bermanfaat untuk membantu menjaga kadar gula darah, juga membantu dalam mengontrol berat badan Anda karena memberi sensasi cepat merasa kenyang. Santan sering dicap buruk karena kandungan lemaknya yang tinggi. Oleh karena itu saat memasak, Anda harus menyeimbangkannya dengan menambah air jeruk nipis atau beberapa butir lada hitam.
Jika ingin membuat santan sendiri, caranya juga sangat mudah. Siapkan daging kelapa cukup tua yang sesuai untuk kebutuhan. Lalu parut dengan posisi menyamping. Campurkan hasil parutan kepala dengan air hangat, peras dan saring campuran parutan kelapa di wadah lainnya. Anda bisa menggunakan santan segera setelah diperas atau simpan dalam kondisi beku dalam lemari es selama 3-4 hari. Jika ingin memakai santan beku, keluarkan dari freezer, diamkan sampai sesuai dengan suhu ruangan, masak seperti biasa.
Dalam resep masakan Indonesia yang sering dibuat, ada dua jenis santan yang biasa digunakan, yaitu santan kental dan santan encer. Untuk membuat santan kental, ambil perasan kelapa yang pertama dan kedua. Sedangkan santan encer didapat dari perasan kelapa selanjutnya yang cairannya lebih bening.
Jika Anda ingin memasak dengan santan kental dan santan encer dalam satu resep masakan, sebaiknya masukkan santan encer terlebuh dahulu. Kemudian masukkan bumbu dan bahan masakan lainnya agar lebih meresap. Setelah semua bahan telah dicampurkan dan merata, masukkan santan kental ke dalam masakan sambil diaduk perlahan.
Untuk mencegah santan pecah saat dimasak, jangan biarkan di atas api terlalu lama. Rebus santan dengan api kecil sampai sedang agar tidak mendidih dengan cepat. Sebaiknya aduk terus menerus santan dalam masakan Anda. Namun, jika tidak ingin mengaduk santan, masukkan selembar daun pisang berukuran kecil ke dalam santan, lalu panaskan santan dengan api kecil hingga mendidih.

Umumnya santan digunakan untuk makanan yang membutuhkan banyak bumbu kuat dan kental, seperti gulai, kari, rendang, lodeh, opor dan lain sebagainya. Santan juga digunakan untuk berbagai makanan tradisional yang manis sebagai kuah atau campuran bahan, seperti pada serabi, berbagai olahan bubur dan beberapa kue. Bahkan santan juga bisa dijadikan pengganti susu untuk beberapa olahan makanan.
Rasa sedap dan nikmatnya santan berasal dari minyak yang dikandungnya, yaitu senyawa nonylmethylketon. Santan mampu menyatu dengan air meski mengandung banyak lemak karena memiliki zat pengemulsi alami.

Sources : https://citarasaindonesia.co.id/article/tips-memasak-dengan-santan.html
https://www.fimela.com/lifestyle-relationship/read/3874748/fungsi-santan-dalam-masakan-pengental-hingga-memperkaya-rasa



 3. Saus Tiram

Saus tiram (Hanzi: 蚝油 pinyin: háo yóu) adalah saus kental berwarna agak kehitaman dalam masakan Tionghoa yang dibuat dari bahan dasar tiram dan mempunyai rasa gurih dan asin.
Saus tiram berkualitas tinggi dibuat dari tiram yang dimasak hingga mengental tanpa tambahan garam, monosodium glutamat (vetsin) dan tanpa bahan pengawet. Saus tiram juga ada yang masih mengandung potongan kecil daging tiram.
Saus tiram berkualitas tinggi tidak enak dan berharga mahal sehingga saus tiram ini tidak untuk dikonsumsi masyarakat banyak dibuat dari sedikit kaldu tiram encer ditambah tepung pengental, karamel gula dan monosodium glutamat.
Saus tiram khusus vegetarian dibuat dari bahan dasar jamur dengan tambahan bahan perasa. Lee Kum Kee adalah salah satu produsen saus tiram yang terkenal. 
Jika dilihat dengan menggunakan mata telanjang, saus tiram memiliki warna coklat kehitaman dengan tekstur yang agak kental. Dari namanya tentu masyarakat sudah mengetahui asal usul saus tiram ini. Saus tiram dibuat dengan menggunakan tiram asli yang dipanaskan secara terus-menerus sehingga terbentuk saus yang mengental. Saus tiram asli memiliki harga yang cukup mahal dipasaran. Hal ini dikarenakan dalam proses pembuatannya, jenis tiram ini hanya dicampur sedikit air. Sementara saus tiram dengan harga yang lebih murah dalam proses pembuatannya menggunakan tepung dan bahan penguat rasa MSG (Monosodium Glutamat).

Masyarakat provinsi Guangdong di Tiongkok mempunyai tradisi membuat tiram kering (蠔豉 háochǐ) dari tiram yang dijemur setelah direbus dengan air garam.
Pada tahun 1888, pengusaha bernama Lee Kam Sheung dari desa Nam Shui di provinsi Guangdong membuat saus dari air rebusan untuk membuat tiram kering yang dikentalkan dengan tambahan gula dan bahan lain.
Pabrik saus milik Lee Kam Sheung di desa Nam Shui terbakar pada tahun 1902, sehingga pabrik dan pusat penjualan saus tiram dipindahkan ke Makao yang menjadi cikal bakal perusahaan Lee Kum Kee. Pada tahun 1932, perusahaan Lee Kum Kee mendirikan perwakilan di Hong Kong dan merek dagang Lee Kum Kee menjadi semakin terkenal di seluruh dunia hingga sekarang. 

Saus tiram memiliki rasa asin yang cukup kuat sehingga masakan yang menggunakan saus tiram biasanya tidak perlu lagi dibubuhi garam atau kecap asin.
Saus tiram biasanya digunakan sebagai perasa untuk tumis sayur-sayuran seperti cap cai dan tumis kailan. Saus tiram bisa juga digunakan sebagai penyedap untuk mie goreng atau nasi goreng
Kegunaan dari saus tiram yang paling utama adalah sebagai bahan atau saus dalam memasak makanan. Dengan menggunakan saus tiram ini tentunya masakan akan jauh memiliki rasa dibandingkan dengan sebelumnya. Saus tiram yang beredar dipasaran kebanyakan sudah dicampur dengan bahan lainnya sehingga kandungan tiram di dalamnya tidak lagi sepekat saus tiram aslinya. Namun, hal ini tidak mengubah rasa alami dari saus tiram itu sendiri.

Saus tiram yang beredar di pasaran sudah dikemas dalam botol kaca, sehingga lebih memudahkan dalam proses penggunaan. Anda tinggal mengambil saus tiram seperlunya dan mencampurkan ke dalam olahan masakan. Dikarenakan rasa saus tiram yang sudah mengandung tingkat keasinan cukup tinggi, Anda tidak perlu membubuhkan garam dalam masakan Anda lagi.
Anda dapat mencampurkan saus tiram dengan bumbu saus lainnya atau hanya menggunakan saus tiram sebagai pelengkap utama masakan Anda. Saus tiram banyak digunakan ketika memasak sayuran. Cukup campurkan kurang lebih dua sendok makan saus tiram, seketika akan membuat sayuran Anda lebih berasa dibanding sebelumnya.
Anda hanya perlu menyimpan saus tiram yang sudah dimasukkan dalam botol kaca kembali ke dalam kulkas. Dan mengeluarkannya saat diperlukan. Jangan sekali-kali menyimpan saus tiram di luar lemari es karena akan menimbulkan jamur pada bagian botolnya, terutama mulut botol yang sering terkena udara bebas.

Source :  https://id.wikipedia.org/wiki/Saus_tiram
http://www.kerjanya.net/faq/18322-saus-tiram.html



Tidak ada komentar:

Posting Komentar