Selasa, 05 November 2019

INGREDIENTS 5


1. BAY LEAF

Seperti yang kita tau bahwa daun salam merupakan Herb atau tumbuhan yang tumbuh di daerah Subtropis atau daerah dengan kelembapan tinggi.
Daun Salam adalah Daun Aromatik yang biasa digunakan dalam masakan.
Tanaman ini memiliki beberapa jenis, yaitu

A. Bay Laurel (Laurus Nobilis, Lauraceace). Daun Salam jenis ini segar atau kering paling sering digunakan dalam masakan untuk menghasilkan rasa dan aroma yang khas. Daunnya sering digunakan untuk membumbui sup, semur, braise dan pate dalam masakan Mediterania dan Amerika Latin.
Daun Salam  ini merupakan daun yang segar dan ringan serta tidak akan kehilangan rasa atau aroma sampai beberapa minggu setelah dipetik dan dikeringkan.

B. California bay leaf – the leaf of the California bay tree (Umbellularia californica, Lauraceae)
California laurel, Oregon myrtle, dan pepperwood, mirip dengan Laurel Bay Mediterania, tetapi memiliki rasa yang lebih kuat.

C. Indian bay leaf or malabathrum (Cinnamomum tamala, Lauraceae)
Berbeda dengan daun salam laurel, daun salam jenis ini lebih pendek dan berwarna hijau muda, dengan satu vena besar di sepanjang daun, sedangkan daun tejpat (Cinnamomum Tamala) dua kali lebih panjang dan lebih lebar, biasanya berwarna hijau zaitun, dan dengan tiga vena di sepanjang daun, daun ini juga memiliki aroma dan rasa yang mirip dengan kulit kayu manis (cassia), tetapi lebih ringan tidak menyengat.

D. Indonesian bay leaf or Indonesian laurel (salam leaf, Syzygium polyanthum, Myrtaceae)
Daun jenis ini, tidak banyak ditemukan di luar Indonesia, Daun Salam ini diaplikasikan pada daging dan lebih jarang pada sayuran

E. West Indian Bay Leaf, the leaf of the West Indian Bay tree (Pimenta racemora, Myrtaceae)
Digunakan pada masakan dan untuk menghasilkan cologne disebut rum rum

F. Mexican Bay Leaf (Litsea Glaucescens, Lauraceae)


Konstituen Kimia

Daunnya mengandung sekitar 1,3% minyak esensial, teridiri dari 45% eucalyptol, 12% terpene lainnya, 8-12% terpinyl asetat, 3-4% seskuiterpen, 3% metyleugenol, dan mengandung pula pinena, phellandrene, linalool,geraniol, dan terpineol, juga mengandung asam laurat.


  Fungsi dan Penggunaan
 
Daun Salam dalam dunia kuliner umumnya digunakan sebagai penyedap makanan atau penambah aroma. Untuk bahasa makanan yang amis atau berbau khas, daun salam akan menetralkan aromanya. Namun untuk lainnya daun salam bisa menjadi pewangi, pengusir serangga bahkan bisa menjadi obat diabetes dan menyembukan kanker. sebuah penelitian menemukan bahwa minuman teh daun salam mampu membantu menurunkan kolesterol jahat. dan mencegah penyumabatan pembuluh darah. bahkan hanya aroma daun salam saja yang bisa menjadi bahan parfum dan wewangian, juga digunakan untuk penambah aroma sabun, sampo, dan detergen. Daun salam bukan hanya memiliki aroma kuat namun juga rasa yang khas di lidah.

Rasa dan Aroma
Jika dimakan utuh, daun salam atau (Laurus Nobilis) terasa pedas dan memiliki rasa tajam serta pahit. seperti rempah-rempah dan perasa pada umumnya. aroma daun salam lebih terasa saat kering. Aromanya herbal, sedikit berbau seperti bunga, dan agak mirip dengan origano dan thyme. Myrcene, yang merupakan komponen dari banyak minyak atsiri yang digunakan dalam wewangian. dapat diekstraksi dari daun salam. Daun salam juga mengandug eugnol.  
2. KUNYIT
Kunyit, (Curcuma longa Linn. syn. Curcuma domestica Val.), adalah termasuk salah satu tanaman rempah-rempah dan obat asli dari wilayah Asia Tenggara. Tanaman ini kemudian mengalami penyebaran ke daerah Malaysia, Indonesia, Australia bahkan Afrika. Hampir setiap orang Indonesia dan Idina serta bangsa Asia umumnya pernah mengonsumsi tanaman rempah ini, baik sebagai pelengkap bumbu masakan, jamu atau untuk menjaga kesehatan dan kecantikan.
Kunyit tergolong dalam kelompok jahe-jahean, Zingiberaceae. Kunyit dikenal di berbagai daerah dengan beberapa nama lokal, seperti turmeric (Inggris), kurkuma (Belanda), kunyit (Indonesia dan Malaysia), janar (Banjar), kunir (Jawa), koneng (Sunda), konyet (Madura)
Kegunaan
Kunyit adalah rempah-rempah yang biasa digunakan dalam masakan di negara-negara Asia. Kunyit sering digunakan sebagai bumbu dalam masakan sejenis gulai, dan juga digunakan untuk memberi warna kuning pada masakan, atau sebagai pengawet. Produk farmasi berbahan baku kunyit, mampu bersaing dengan berbagai obat paten, misalnya untuk peradangan sendi (arthritis-rheumatoid) atau osteo-arthritis berbahan aktif natrium deklofenak, piroksikam, dan fenil butason dengan harga yang relatif mahal atau suplemen makanan (Vitamin-plus) dalam bentuk kapsul.
Produk bahan jadi dari ekstrak kunyit berupa suplemen makanan dalam bentuk kapsul (Vitamin-plus) pasar dan industrinya sudah berkembang. Suplemen makanan dibuat dari bahan baku ekstrak kunyit dengan bahan tambahan Vitamin B1, B2, B6, B12, Vitamin E, Lesitin, Amprotab, Mg-stearat, Nepagin dan Kolidon 90.
Sebagai obat :
Umbi (rimpang) yang berumur lebih dari satu tahun dapat dipakai sebagai obat, umbi (rimpang) kunyit berkhasiat untuk mendinginkan badan, membersihkan, mempengaruhi bagian perut Khususnya pada lambung , merangsang, melepaskan lebihan gas di usus, menghentikan pendarahan dan mencegah penggumpalan darah, selain dari itu juga digunakan sebagai bahan dalam masakan.
Kunyit juga digunakan sebagai obat anti gatal, anti septik dan anti kejang serta mengurangi pembengkakan selaput lendir mulut. Kunyit dikonsumsi dalam bentuk perasan yang disebut filtrat, juga diminum sebagai ekstrak atau digunakan sebagai salep untuk mengobati bengkak dan terkilir. Kunyit juga berkhasiat untuk menyembuhkan hidung yang tersumbat, caranya dengan membakar kunyit dan menghirupnya.
Kunyit bisa dipakai untuk menyembuhkan beberapa hal yang berkaitan dengan penyimpangan pada kerja ginjal, terutama pada beberapa kasus-kasus yang ditandai dengan bau badan yang tidak sedap dan mata yang tidak tahan terhadap sinar, penggunaan kunyit adalah sangat efektif, yaitu dengan meminum segelas jus kunyit (dibuang ampasnya), selama 2 minggu berturut-turut.
Cara sederhana adalah :
  1. Ambil segenggam kunyit, lalu kupas
  2. Parut atau jus dengan blender (biasa ditambahkan air secukupnya)
  3. Didihkan 2-3 kali (biasa ditandai dengan pemuaian)
  4. Tambahkan garam sedikit (seujung sendok)
  5. Saring dan peras
  6. Tuangkan perasan jeruk nipis (1 - 3 biji, sesuai selera)
  7. Tambahkan gula atau madu
  8. Minum (lebih baik dalam keadaan hangat)

Ramuan di atas juga sangat efektif untuk menyembuhkan flu/demam pada ibu-ibu yang hamil (tidak perlu dilakukan setiap hari, biasanya 1-2 hari sudah bisa sembuh), sehingga terhindar dari penggunaan obat-obatan kimia yang bisa berbahaya terhadap janin yang dikandungnya. Bila dikonsumsi oleh para ibu hamil, dipercaya bayi yang lahir akan bersih dari lemak-lemak yang seringkali menempel/menutupi seluruh badan bayi.
Penggunaan kunyit instant, sebaiknya tidak dilakukan untuk pengobatan (khususnya untuk ibu-ibu hamil), karena ada kandungan-kandungan lain yang mungkin bisa berbahaya bagi kandungan terutama obat pengawet dan pewarna.
Kandungan utama kunyit adalah kurkumin dan minyak atsiri yang berfungsi untuk pengobatan hepatitis, antioksidan, gangguan pencernaan, anti mikroba, anti kolesterol, anti HIV, anti tumor (menginduksi apostosis), menghambat perkembangan sel tumor payudara, menghambat ploriferasi sel tumor pada usus besar, anti invasi, anti rheumatoid arthritis (rematik).Diabetes melitus, Tifus, Usus buntu, Disentri, Sakit keputihan; Haid tidak lancar, Perut mulas saat haid, Memperlancar ASI; Amandel, Berak lendir, Morbili, Cangkrang (Waterproken).
Kunyit mempunyai prospek yang cerah pada sektor industri hilir dalam berbagai bentuk seperti ekstrak, minyak, pati, makanan/minuman, kosmetika, produk farmasi dan IKOT/IOT.

Kandungan kimia :

Kunyit indonesia mengandung senyawa yang berkhasiat obat, yang disebut kurkuminoid yang terdiri dari kurkumin , desmetoksikumin sebanyak 10% dan bisdesmetoksikurkumin sebanyak 1-5% dan zat- zat bermanfaat lainnya seperti minyak atsiri yang terdiri dari Keton sesquiterpen, turmeron, tumeon 60%, Zingiberen 25%, felandren , sabinen , borneol dan sineil. Kunyit juga mengandung Lemak sebanyak 1 -3%, Karbohidrat sebanyak 3%, Protein 30%, Pati 8%, Vitamin C 45-55%, dan garam-garam mineral, yaitu zat besi, fosfor, dan kalsium.

3. BLACKPEPPER
Pengertian dari Lada Hitam atau blackpaper adalah sejenis rempah yang sudah sangat terkenal sejak beberapa tahun yang lampau. Tanaman ini berkembang subur di negara tropis dan lembab. Tanaman ini banyak dijumpai di China dan Asia Tenggara. Jika dilihat tanaman Lada Hitam ini memiliki warna buah merah gelap, sehingga pada saat digerus buah Lada Hitam ini akan menjadi gelap. Jika Anda menjumpai tanaman Lada Hitam, langsung saja lihat buahnya yang berupa biji panjang menjulur ke bawah, kemudian pastikan apakah buah tersebut sudah matang atau belum. Lada Hitam merupakan rempah yang sangat penting. Dari sejak dahulu, Lada Hitam merupakan salah satu jenis pangan yang ramai diperdagangkan.
Nutrisi Yang Terkandung :
Kandungan Gizi
Lada
Jumlah Per
100 g
Kalori (kcal) 251
Jumlah Lemak 3,3 g
Lemak jenuh 1,4 g
Lemak tak jenuh ganda 1 g
Lemak tak jenuh tunggal 0,7 g
Lemak trans 0 g
Kolesterol 0 mg
Natrium 20 mg
Kalium 1.329 mg
Jumlah Karbohidrat 64 g
Serat pangan 25 g
Gula 0,6 g
Protein 10 g
Vitamin A547 IUVitamin C0 mg
Kalsium443 mgZat besi9,7 mg
Vitamin D0 IUVitamin B60,3 mg
Vitamin B120 µgMagnesium171 mg

Fungsi :  lada hitam dipetik ketika buahnya setengah masak dan dijemur bersama dengan kulitnya yang lama-kelamaan menjadi hitam. Lada hitam memiliki aroma dan rasa yang lebih kuat dibandingkan lada putih.
Manfaat lada pada masakan memberi rasa pedas, hangat,  dan beraroma.Penyajiannya saat ini lada ada yang berupa bubuk terutama lada putih sehingga lebih memudahkan kita dalam menggunakannya.
Sebagai salah satu komodasi yang ramai diperdagangkan, Lada Hitam memiliki berbagai fungsi. Selain fungsi utamanya yaitu bumbu masak, Lada Hitam juga berguna untuk kesehatan manusia. Kandungan yang ada di dalamnya disinyalir dapat mengurangi resiko manusia dari bahayanya kanker payudara. Selain itu adanya antioksidan di dalam Lada Hitam juga dikatakan dapat mencegah berkembangnya sel kanker kulit dan juga usus besar.
Bagi mereka yang memiliki masalah dengan sistem pencernaannya juga bisa melakukan konsumsi secara rutin Lada Hitam ini. Rempah yang satu ini bisa mengatasi masalah bagi mereka yang sering kembung atau sakit maag. Terdapat kandungan khusus yang membuat Lada Hitam bisa meredakan gas yang ada di dalam tubuh manusia. Selain itu, Lada Hitam juga bisa dimanfaatkan sebagai resep bagi mereka yang ingin menurunkan berat badannya. Hanya dengan menaburkan makanan Anda dengan bubuk Lada Hitam, maka Anda akan merasakan hasilnya.

Karakteristik :
Ladahitam (Piper Nigrum Linn) adalah tumbuhan hijau yang tumbuh bertahun-tahun yang menghasilkan buahseperti beri dan memiliki aroma yang pedas / tajam. Awalnya diketahui sebagai “pamienta” atau “paminta” yang merupakan golongan dari family Piperaceae. Lada hitam mempunyai beberapa ciri – ciri seperti, daun yang tebal dengan warna hijau dan bentuk seperti telur. Tanaman lada hitam juga memiliki bunga yang bewarna putih dan panjang yang menghasilkan buah – buah pendek yang menggelantung dengan panjang 4 sampai 12 cm. Buah yang dihasilkan seperti beri bewarna hijau ketika mentah dan berubah menjadi merah ketika matang. Lada hitam tersedia dalam warna hitam dan putih. Lada hitam dibuat dengan  proses men-drying atau menjemur buah yang matang maupun yang  belum matang dibawah sinar matahari. Sedangkan untuk lada putih digunakan proses perendaman dan pengelupasan kulit luarnya sebelumdipanaskan.
Source : http://www.kerjanya.net/faq/17888-lada-hitam.html
              http://mosionkreasi.blogspot.com/2017/11/manfaat-lada-dalam-masakan.html 
              https://pbftp13.wordpress.com/2014/05/21/black-pepper-piper-nigrum-linn/
              https://id.wikipedia.org/wiki/Lada

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar