Jumat, 15 Maret 2019

FOOD TERMINOLOGY (6)

1. DOKO DOKO CANGKUNING

Keberagaman makanan khas nusantara menjadi salah satu warisan kuliner yang mesti kita jaga keasliannya supaya tidak tersingkirkan oleh makanan-makanan modern terutama dari luar. Begitu pula dengan Resep Makanan Tradisional khas Makassar ini menjadi salah satu makanan yang sangat mudah membuatnya serta dari rasa tak kalah dengan makanan modern saat ini, yaitu Doko Doko Cangkuning dengan bahan utamanya adalah tepung ketann dan tepung beras. Berikut cara membuatnya:

Terlebih dahulu kita membuat cangkuningnya, yaitu kelapa setengah tua yang telah di parut, kemudian di masak bersama gula merah kental, daun pandan hingga kering. Sisihkan.

2. DEPPA TE'TEKAN


Deppa Te’tekan adalah salah satu makanan khas dari Provinsi Sulawesi Selatan, khususnya Enrekang. Kue ini terbuat dari bahan yang sangat sederhana dengan bahan utamanya tepung beras, ditambah gula merah dan wijen membuat rasanya menjadi lebih nikmat.

3. KUE TARIPANG.

Kue taripang merupakan salah satu resep kue tradisional yang khas berasal dari daerah Makassar, Sulawesi Selatan. Kue taripang atau kue teripang ini terbuat dari bahan utama yakni tepung beras ketan, yang dibuat bulat-bulat atau sesuai keinginan pembuatnya, lalu digoreng dan terakhir dibaluri dengan Karamel dari gula merah atau gula aren. Rasa kue taripang ini sangat lezat dan manis karena adanya penambahan lelehan gula merah.

4. BOLU KUKUS



 Kue basah ini merupakan salah satu kue tradisional Indonesia yang sudah merakyat dan digemari oleh semua kalangan. Baik anak-anak hingga lansia. Sama seperti kue tradisional dan camilan khas Indonesia pada umumnya, bolu kukus juga mempunyai variasi yang bermacam-macam. Ada bolu kukus sederhana, bolu kukus yang berbentuk bundar saja. Ada pula bolu kukus mekar yang bentuknya mirip bunga. Bolu kukus merupakan camilan yang wajib ada pada setiap momen atau acara spesial. Selain banyak variasi, bolu kukus pun rasanya bermacam-macam. Apapun variasinya, bolu kukus lezat, lembut, dan manis di mulut.


5. PIE




Pie adalah makanan yang terdiri dari kulit kue kering dan isi yang beraneka ragam. Isi pie dapat berupa buah, daging, ikan, sayur, keju, coklat, kustar, kacang, dan lain-lain. Pie yang berisi buah biasanya berupa cairan kental yang dimaniskan mirip selai atau dipotong-potong dadu lalu dipanggang bersamaan dengan kulit pie.

Pie buah biasanya disajikan dengan es krim, disebut à la mode. Pie daging Australia dianggap sebagai makanan nasional Australia, berisi daging sapi dan kuah kental (gravy). Di Indonesia, terkenal pie susu (pastei susu) yang berasal dari Bali.

Ciri-ciri yang membuat pie berbeda dengan kue lainnya, antara lain:

Pie pasti memiliki kulit yang terbuat dari tepung terigu protein rendah, butter, garam, dan air. Pie dipanggang dalam proses pembuatannya, pie tidak digoreng, ataupun direbus dan dikukus.

Kulit pie yang dipanggang tersebut diletakkan/dicetak di sebuah wadah yang biasanya berbentuk bundar atau persegi panjang. Wadah tersebut terbuat dari bahan metal ataupun kaca yang tahan panas.

6. MUFFIN


Muffin merupakan kue khas negeri Inggris dan lahir pada zaman Victoria. Pada saat itu muffin banyak dijual oleh pedagang keliling dengan diletakkan di nampan di atas kepala. Muffin merupakan sejenis makanan tradisional berbentuk gulungan, bundar dan tipis. Bahan dasarnya terbuat dari adonan roti yang diberi ragi. Paling enak, kue manis ini dinikmati saat musim dingin dan disajikan bersama minuman hangat seperti teh atau kopi.

7. ENGLISH MUFFIN


Muffin Inggris adalah roti kecil, bulat, ragi datar yang biasanya diiris secara horizontal, dipanggang, dan diolesi mentega. [2] Muffin panggang dari Inggris, yang sering digunakan di Amerika Serikat sebagai makanan sarapan , dapat disajikan dengan topping manis (misalnya, selai buah, atau madu) atau topping gurih (misalnya, telur, sosis, bacon, atau keju) ). Muffin Inggris juga digunakan sebagai roti dalam berbagai sandwich sarapan , dan merupakan bahan penting dalam Telur Benediktus dan sebagian besar variasinya.


8. BUTTER CAKE



kue yang salah satu bahan utamanya adalah mentega . Kue mentega dipanggang dengan bahan-bahan dasar: mentega, gula , telur , tepung , dan agen ragi seperti baking powder atau baking soda . Ini dianggap sebagai salah satu kue klasik dalam pembuatan kue Amerika. Kue mentega berasal dari kue pound Inggris, yang secara tradisional menggunakan mentega, tepung, gula, dan telur dalam jumlah yang sama untuk membuat kue yang kaya dan kaya.


9. PIZZA


Piza (atau pizza) adalah hidangan gurih dari Italia sejenis roti bundar dan pipih, yang dipanggang di oven dan biasanya dilumuri saus tomat serta keju dengan bahan makanan tambahan lainnya yang bisa dipilih. Keju yang dipakai biasanya mozzarella atau "keju pizza".

Jenis bahan lain juga dapat ditaruh di atas pizza, biasanya daging dan saus, seperti salami dan pepperoni, ham, bacon, buah seperti nanas dan zaitun, sayuran seperti cabe dan paprika, dan juga bawang bombay, jamur dan lain lain.


10. HAMBURGER


Hamburger (atau seringkali disebut dengan burger) adalah sejenis makanan berupa roti berbentuk bundar yang diiris dua dan ditengahnya diisi dengan patty yang biasanya di ambil dari daging, kemudian sayur-sayuran berupa selada, tomat dan bawang bombay. Sebagai sausnya, burger diberi berbagai jenis saus seperti mayones, saus tomat dan sambal serta mustard. Beberapa varian burger juga dilengkapi dengan keju, asinan, serta bahan pelengkap lain seperti sosis dan ham.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar