Jumat, 15 Maret 2019

INGREDIENTS 4

INGREDIENTS

Ginseng

History of ingredient :

Ginseng (bahasa Latin: Panax) adalah sejenis terna berkhasiat obat yang termasuk dalam suku Araliaceae. Ginseng tumbuh di wilayah belahan bumi utara terutama di Siberia, Manchuria, Korea, dan Amerika Serikat. Jenis ginseng tropis dapat ditemukan di Vietnam, yaitu Panax vietnamensis. Nama "ginseng" diambil dari bahasa Inggris, yang dibaca mengikuti lafal Bahasa Kantonis, jên shên, dalam bahasa Mandarin dibaca "ren shen", "人蔘" (duplikat manusia), karena bentuk akaryang menyerupai manusia.

Ginseng digunakan dalam pengobatantradisional. Akar tanaman ini dapat memperbaiki aliran dan meningkatkan produksi sel darah merah, serta membantu pemulihan dari penyakit.

Di Indonesia terdapat juga tumbuhan yang memiliki khasiat sama dengan ginseng yaitu ginseng Jawa atau som jawa, Talinum paniculatum Gaertn. dan kolesom, Talinum triangulare Wild. Di dalam pengobatan tradisional akarnya dicampur dengan berbagai jenis obat dan yang paling terkenal dalam bentuk campuran anggur. Kajian mengenai khasiat dan kegunaanya telah dilakukan untuk menjadikan kolesom sebagai ginseng Indonesia.


Nutrient content :

Kandungan kimia ginseng yang telah diketahui adalah saponin dan glikosida. Glikosida pada akar ginseng dikenal sebagai ginsenosida . Selain itu, akar ginseng juga mengandungi 16jenis ginsenosida seperti minyak asiri , panasena, resih, musilago, asam panax, fitosterol, hormon, vitamin B, kabohirat dan selulosa. Pada tahun 1960 an, sejenis sebatian yang dikenal sebagai “terpenidol glycisides” telah ditemui oleh peneliti-peneliti Moskow dan Tokyo.Function of ingredient :


Function of ingredient :

Ginseng merupakan obat herbal alternatif yang sudah dipercaya sejak zaman dahulu kala sebagai obat kesehatan dan juga obat kuat bagi kaum laki-laki. Sudah tidak diragukan lagi bahwa khasiat ginseng untuk kesehatan memang luar biasa. Mengonsumsi ginseng yang dipadukan dengan ramuan obat lainnya juga cukup baik untuk kesehatan dan kekuatan syaraf dan motorik. Di Indonesia ginseng sering digunakan dalam pengobatan tradisional.

·         Mengobati diabetes,

·         Mencegah perkembangan kanker,

·         Mengurangi stres mental,

·         Merangsang sistem kekebalan,

·         Menurunkan kadar kolesterol,

·         Mengurangi kelelahan,

·         Meningkatkan daya tahan tubuh atlet.


Characteristic of ingredient :

Ciri-ciri tanaman ginseng :
- Akar : akar tanaman ginseng ini menggembung yang berbentuk semacam boneka, yang berisi cadangan makanan serta zat-zat berkhasiat lain. Bentuk akar ini kurus serta memanjang. Bila dirasakan pertama adalah rasa manis, tetapi seusai itu bakal berasa pahit.
- Batang : Bentuk batangnya bulat serta warnanya hijau ungu.
- Daun : Tanamn ini tergolong tanaman yang berdaun tunggal serta berbentuk oval, tahap tepi daun bergerigi serta bertulang daun menyirip. Jumlah daunnya ada 5 tetapi 3 diantaranya lebih panjang dari yang lain, berwarna hijau tua.
- Buah : Buah tanaman herbal ginseng ini berwarna merbiah serta bentuknya kecil semacam murbei.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar