Sabtu, 02 Maret 2019

INGREDIENTS


BLACKPEPPER

Lada Hitam/ Blackpepper:

Pengertian dari Lada Hitam atau blackpaper adalah sejenis rempah yang sudah sangat terkenal sejak beberapa tahun yang lampau. Tanaman ini berkembang subur di negara tropis dan lembab. Tanaman ini banyak dijumpai di China dan Asia Tenggara. Jika dilihat tanaman Lada Hitam ini memiliki warna buah merah gelap, sehingga pada saat digerus buah Lada Hitam ini akan menjadi gelap. Jika Anda menjumpai tanaman Lada Hitam, langsung saja lihat buahnya yang berupa biji panjang menjulur ke bawah, kemudian pastikan apakah buah tersebut sudah matang atau belum. Lada Hitam merupakan rempah yang sangat penting. Dari sejak dahulu, Lada Hitam merupakan salah satu jenis pangan yang ramai diperdagangkan.

Nutrisi Yang Terkandung :
Kandungan Gizi
Lada
Jumlah Per
100 g
Kalori (kcal) 251
Jumlah Lemak 3,3 g
Lemak jenuh 1,4 g
Lemak tak jenuh ganda 1 g
Lemak tak jenuh tunggal 0,7 g
Lemak trans 0 g
Kolesterol 0 mg
Natrium 20 mg
Kalium 1.329 mg
Jumlah Karbohidrat 64 g
Serat pangan 25 g
Gula 0,6 g
Protein 10 g
Vitamin A547 IUVitamin C0 mg
Kalsium443 mgZat besi9,7 mg
Vitamin D0 IUVitamin B60,3 mg
Vitamin B120 µgMagnesium171 mg

Fungsi : 
lada hitam dipetik ketika buahnya setengah masak dan dijemur bersama dengan kulitnya yang lama-kelamaan menjadi hitam. Lada hitam memiliki aroma dan rasa yang lebih kuat dibandingkan lada putih.
Manfaat lada pada masakan memberi rasa pedas, hangat,  dan beraroma.Penyajiannya saat ini lada ada yang berupa bubuk terutama lada putih sehingga lebih memudahkan kita dalam menggunakannya.
Sebagai salah satu komodasi yang ramai diperdagangkan, Lada Hitam memiliki berbagai fungsi. Selain fungsi utamanya yaitu bumbu masak, Lada Hitam juga berguna untuk kesehatan manusia. Kandungan yang ada di dalamnya disinyalir dapat mengurangi resiko manusia dari bahayanya kanker payudara. Selain itu adanya antioksidan di dalam Lada Hitam juga dikatakan dapat mencegah berkembangnya sel kanker kulit dan juga usus besar.
Bagi mereka yang memiliki masalah dengan sistem pencernaannya juga bisa melakukan konsumsi secara rutin Lada Hitam ini. Rempah yang satu ini bisa mengatasi masalah bagi mereka yang sering kembung atau sakit maag. Terdapat kandungan khusus yang membuat Lada Hitam bisa meredakan gas yang ada di dalam tubuh manusia. Selain itu, Lada Hitam juga bisa dimanfaatkan sebagai resep bagi mereka yang ingin menurunkan berat badannya. Hanya dengan menaburkan makanan Anda dengan bubuk Lada Hitam, maka Anda akan merasakan hasilnya.

Karakteristik :

Ladahitam (Piper Nigrum Linn) adalah tumbuhan hijau yang tumbuh bertahun-tahun yang menghasilkan buahseperti beri dan memiliki aroma yang pedas / tajam. Awalnya diketahui sebagai “pamienta” atau “paminta” yang merupakan golongan dari family Piperaceae. Lada hitam mempunyai beberapa ciri – ciri seperti, daun yang tebal dengan warna hijau dan bentuk seperti telur. Tanaman lada hitam juga memiliki bunga yang bewarna putih dan panjang yang menghasilkan buah – buah pendek yang menggelantung dengan panjang 4 sampai 12 cm. Buah yang dihasilkan seperti beri bewarna hijau ketika mentah dan berubah menjadi merah ketika matang. Lada hitam tersedia dalam warna hitam dan putih. Lada hitam dibuat dengan  proses men-drying atau menjemur buah yang matang maupun yang  belum matang dibawah sinar matahari. Sedangkan untuk lada putih digunakan proses perendaman dan pengelupasan kulit luarnya sebelumdipanaskan.

Source : http://www.kerjanya.net/faq/17888-lada-hitam.html
              http://mosionkreasi.blogspot.com/2017/11/manfaat-lada-dalam-masakan.html 
              https://pbftp13.wordpress.com/2014/05/21/black-pepper-piper-nigrum-linn/
              https://id.wikipedia.org/wiki/Lada 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar