Kamis, 16 Mei 2019

Daily Activity Indonesian Version 08-04-2019

Senin, 08 April 2019

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
Hari ini merupakan hari pertama praktik pekan kedua setelah mid semester.  Minggu ini kita masih belajar seputar Menu Rotasi 2.1 seperti minggu praktik yang lalu. Hanya saja setiap kelompok mendapat bagian yang berbeda-beda setiap harinya. mungkin saja dengan tujuan agar kita dapat mengetahui cara membuat seluruh makanan yang ada di menu rotasi tidak hanya pada satu menu saja. 

Hari ini saya berangkat dari Asrama menuju kitchen pada pukul 07.00
Pada jam 08.00, kami mulai oneline. melakukan pengabsenan dan masuk kedalam kitchen yang dilanjutkan oneline di main kitchen. Setelah selesai pengabsenan dan semua telah berkumpul di main kitchen. kami mulai membagi Menu kami tiap kelompok. Dan hari ini kami akan men prepare Menu Rotasi 2.4 yaitu Japanese Food. dan kelompok kami mendapat bagian Appetizer. dan nama Menu kami Yaitu Ingen No Goma Ae

Setelah menu dibagi, kami kemudian berkumpul dengan kelompok kami untuk membagi tugas, agar pekerjaan cepat selesai. apalagi karena preparean kami hari ini tidak terlalu banyak. sehingga kami bisa membantu kelompok lain untuk menyiapkan preparean mereka agar semua pekerjaan cepat selesai.

Kami mulai meyiapkan bahan yang terdapat di recipe, antara lain :
Ingredients :

Buncis         650 gr
Wijen (roasted)          250 gr
Shoyu         50 ml
Sugar          40 gr
Salt              secukupnya

Procedure :
1. Didihkan air yang sudah ditambahkan garam, Blanch buncis
2. Blend wijen hingga halus kemudian campur dengan shoyu dan gula
3. Campur buncis dan wijen yang sudah kental.

Saya mendapat bagian untuk menyiapkan Wijen. setelah menimbang wijen saya kemudian  meroast wijen tersebut hingga kering.


setelah itu disimpan dan besok baru di blend dan dicampur dengan shoyu dan sugar. Setelah selesai saya kemudian beralih ke teman-teman yang memprepare buncis

saya kemudian membantu membersihkan bagian ujung buncis lalu memotong-motong buncis menjadi pendek sekita 3 cm.

Setelah semua preparean selesai, kami kemudian membantu kelompok lain. sampai Adzan dzuhur berkumandang, kami istirahat dan melaksanakan shalat dzuhur.
Setelah shalat kami kemudian melaksanakan kegiatan Anak Bangsa yang telah di siapkan beberapa teman. kami kemudian makan bersama.
Setelah makan, kami kemudian siap-siap untuk melakukan General Cleaning. Namun General Cleaning di jeda dengan Berkumandangnya Adzan Ashar. kami kemudian melaksankan shalat Ashar kemudian melanjutkan GC. Setelah GC, kami kemudian isitrahat menunggu perintah oneline, berdoa dan pulang.

Demikian pengalaman saya hari ini. semoga apa yang dikerjakan dinilai ibadah dan dapat berguna bagi saya dan teman-teman hari ini besok dan hari kemudian.
Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar