Selasa, 14 Mei 2019

FOOD TERMINOLOGY 6

Kalimantan Tengah adalah salah satu bagian dan provinsi di pulau Kalimantan yang sekaligus menjadi provinsi terbesar di Kalimantan. Kalimantan Tengah didiami oleh tiga etnis dominan [Dayak, Jawa, dan Banjar] yang kemudian membawa pengaruh cukup besar ke berbagai sektor yang ada, seperti dalam sektor pariwisata dan kulinernya yang tampak mencolok.
Potensi alam yang indah menjadi harapan banyak penduduk Kalteng agar dijadikan destinasi wisata favorit oleh banyak penduduk domestik maupun mancanegara. Selain itu pada sektor kulinernya juga diharapkan mampu mengundang rasa penasaran banyak orang untuk datang ke pulau dengan dominasi obyek wisata alamnya itu. Ada banyak kuliner dari Kalteng yang memiliki potensi bakal meluas hingga daerah-daerah lain,

1. Kalumpe/Karuang
Source : https://resepnusantara.id/kalumpe/

Kuliner khas Suku Dayak di Kalimantan Tengah ini mempunyai tampilan yang mirip dengan sayur daun singkong dari Pulau Jawa. Gangan tersebut memang menggunakan daun singkong sebagai bahan dasanya. Tapi, yang membedakannya dengan sayur pada umumnya adalah bahan itu ditumbuk halus sebelum dimasak.

Biasanya dihidangkan bersama kuah kental yang terbuat dari campuran bawang merah, bawang putih, lengkuas, serai, cabai dan kayu manis. Guna menambah cita rasa, makanan bernama lain karuang ini diberi pelengkap berupa terong pipit. Sebelum disuguhkan, akan ditaburi ikan teri dan kacang tanah terlebih dulu.
Masyarakat Kalteng lebih suka menyantap kalumpe dengan nasi hangat dan sambal terasi.

2. Juhu Umbut Rotan
Source : https://www.sumber.com/jalan-jalan-kuliner/kalimantan-tengah/kuliner-kalimantan-tengah/sumber/juhu-umbut-rotan-2.html

Pulau Kalimatan yang sebagian besar alamnya didominasi oleh hutan tropis ternyata mempunyai pengaruh terhadap khazanah perkulinerannya. Jika selama ini kamu pernah mendengar rebung, di Kalimantan, tepatnya di kota Palangkaraya, Kalimantan Tengah, juga terdapat makanan sejenis rebung yang bernama juhu umbut rotan. Bahan yang digunakan sama seperti rebung yakni rotan yang masih muda.

Juhu umbut rotan adalah makanan khas Kalimantan Tengah yang menggunakan ujung rotan yang masih muda. Proses pembuatan makanan tradisional ini membutuhkan tenaga ekstra pada saat menghilangkan duri-duri yang mengitari batang rotan. Rotan kemudian dipotong kecil-kecil dan diberi bumbu rempah tertentu. Umbu rotan bisa dimasak bersama santan ataupun tidak. Penyajian umbu rotan dilakukan bersama kuliner lain seperti ikan patin atau nila bakar.

3. Wadi
Source : https://sumber.com/jalan-jalan-kuliner/kalimantan-tengah/kuliner-kalimantan-tengah/sumber/wadi.html

Kehidupan Suku Banjar dan Dayak yang tinggal di Palangkaraya tidak lepas dari aktifitas menanam padi di ladang dan mencari ikan di sungai. Apabila sedang musim sepi, penduduk biasanya telah menyiapkan persediaan ikan yang sudah difermentasi atau dikenal dengan nama wadi. Hampir semua jenis ikan dapat diolah menjadi wadi, tergantung selera pembuat.

Bagi masyarakat setempat, itu merupakan penganan yang amat lezat. Tapi, bagi yang belum pernah mencicipinya akan merasa aneh atau bahkan tidak suka, mengingat bau wadinya cukup menyengat. Ikan melewati proses pembusukan selama dua hari dua malam sebelum dimakan. Hal tersebut membuatnya tahan hingga berbulan-bulan. Rasanya sendiri asam dan unik.

Sekarang, penduduk sekitar mulai melakukan uji coba dengan menambah bahan lain, seperti gula merah dan jeruk nipis supaya cita rasa wadi mampu diterima oleh lidah masyarakat Nusantara.

4. Keripik Kalakai
Source : https://www.indonesiakaya.com/jelajah-indonesia/detail/keripik-kelakai-cemilan-unik-berkhasiat

Nenek moyang masyarakat keturunan Dayak yang menetap di Kalteng pada zaman dulu hidup harmonis dengan alam. Hutan telah menjadi sumber penghidupan bagi mereka sehingga tak jarang flora yang terdapat di dalam hutan dimanfaatkan untuk kebutuhan perut oleh mereka. Tanaman kelakai adalah salah satu tanaman yang telah alam dimanfaatkan oleh masyarakat suku Dayak di Kalimantan Tengah.

Tanaman kelakai dipercaya mampu mengobati diare, menambah darah, dan menjaga kulit awet muda. Kelakai biasanya diolah menjadi kuliner sejenis camilan, semisal keripik. Keripik kelakai adalah makanan khas Kalimantan Tengah yang dibuat oleh suku Dayak dengan memanfaatkan bagian daunnya yang masih muda. Daun kelakai kemudian dibaluri adonan tepung bumbu dan digoreng pada minyak panas. Keripik kelakai yang sudah jadi mempunyai rasa yang gurih dan teksturnya sangat renyah di mulut.

5. Lemang
Source : http://pedomanbengkulu.com/2018/10/lemang-makanan-khas-bengkulu/

Lemang adalah makanan yang menurut sejarah pertama kali dibuat oleh bangsa Melayu. Penyebaran masyarakat suku Melayu yang begitu masif hingga ke Indonesia membuat makanan satu ini terdapat di bagian utara Indonesia. Seperti di Kalimantan yang cukup banyak dihuni oleh penduduk Melayu sehingga membuat sebagian orang mengira lemang adalah makanan khas Kalimantan Tengah. Selain suku Melayu, suku Dayak juga menjadikan lemang sebagai panganan yang disajikan pada pesta-pesta adat mereka.

Lemang merupakan makanan sejenis lontong atau ketupat yang dibuat dari bahan baku beras ketan. Pengolahan dari beras ketan hingga menjadi lemang melewati proses pematangan yang unik, yakni dimasak dalam seruas bambu. Sebelum dimasukkan ke dalam bambu, terlebih dahulu beras ketan digulung dengan daun pisang atau daun bambu. Selain di provinsi Kalteng, lemang juga banyak ditemui di provinsi Kalimantan Selatan. Lemang biasanya disajikan bersama lauk asin ataupun tidak, tergantung selera.

6. Hintalu Karuang
Source : https://sumber.com/jalan-jalan-kuliner/kalimantan-tengah/kuliner-kalimantan-tengah/sumber/hintalu-karuang.html

Hintalu Karuang adalah makanan yang berasal dari Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Selain di Kalsel, panganan satu ini juga bisa didapati di Kalimantan Tengah. Hintalu dalam bahasa Banjar berarti telur dan karuang berarti kelelawar. Meski mengandung arti kelelawar pada namanya, makanan khas Kalteng ini sama sekali tidak menggunakan telur kelelawar. Orang Banjar memberi nama yang unik pada makanan ini karena bentuk makanannya yang bulat-bulat kecil seperti telur kelelawar.

Hintalu karuang mempunyai penampakan yang sangat mirip dengan biji salak di Jawa. Selain itu juga kerap disajikan untuk menu berbuka puasa sebagai takjil karena rasanya yang manis. Kuah hintalu karuang juga menyerupai biji salak di mana terdapat campuran gula merah dan santan yang menghasilkan kuah kental dan manis. Bahan utama untuk membuat “telur kelelawar”-nya adalah tepung ketan. Hintalu karuang bisa dihidangkan dalam keadaan hangat ataupun dingin.

7. Ikan Bakar
Source : https://makananoleholeh.com/makanan-khas-kalimantan-tengah/

Ikan bakar adalah makanan yang bisa ditemui di banyak daerah, termasuk Kalimantan Tengah. Ikan bakar di Kalteng dipilih dari ikan sungai. Terdapat perbedaan antara ikan sungai di Kalimantan dengan ikan sungai di Jawa. Jika ikan sungai di Jawa ukurannya kecil-kecil, beda dengan di

Kalimantan yang ikannya besar-besar [bisa mencapai ukuran lengan orang dewasa besarnya]. Oleh karena itu, saat berkunjung ke Kalimantan Tengah, jangan lupa mencicip ikan bakarnya.

Jika ingin menyicip ikan bakar di Kalteng, kamu bisa mengunjungi kota Palangkaraya. Di kota tersebut banyak depot makan yang menjajakan menu ikan bakar. Bukan cuma satu jenis ikan yang dibakar, tetapi banyak dan setiap pembeli bebas memilih. Ada ikan patin, saluang, lais, baung, dan lain-lain. Satu porsi ikan bakar biasanya tersaji bersama lalapan, minuman, dan sayuran segar, seperti sayur bening, asam, atau sayur asin.

8. Bangamat
Source : https://backpackerjakarta.com/bangamat-kuliner-kalong-khas-kalimantan-tengah/

Jika pada poin ke-6 ada makanan khas Kalimantan Tengah berupa hintalu karuang yang dalam bahasa Banjar berarti “telur kelelawar” tapi pada kenyataannya makanan tersebut tidak terbuat dari kelelawar, kali ini ada masakan khas lain yang benar-benar mengandung kelelawar, namanya bangamat. Bangamat adalah makanan yang menyajikan daging kelelawar ke dalam hidangannya.

Daging kelelawar yang hendak diolah telah melewati proses pembersihan terlebih dahulu sebelum dimasak dengan bumbu hingga matang. Pengolahan daging kelelawar saat dimasak biasanya dilakukan bersama sulur kelari atau dengan sayur hati batang pisang. Bangamat termasuk kuliner yang hanya bisa ditemui di Kalimantan Tengah. Setiap wisatawan yang ingin menyicip kuliner unik nan ekstrim dari Kota Cantik disarankan untuk mencoba makanan satu ini.

9. Terong Mapui
Source : https://resepnusantara.id/terong-mapui/

Masih mengulas tentang kuliner khas Kalimantan Selatan yang dibuat oleh masyarakat keturunan Dayak, kali ini ada terong mapui. Apa itu terong mapui? Tentu makanan satu ini terdengar sangat asing untuk mereka yang belum pernah menginjakkan kaki ke Kalimantan. Terong mapui adalah makanan yang terbuat dari bahan dasar terong ungu berukuran cukup besar. 

Terong kemudian diolah dengan cara dibakar hingga bagian kulit serta dagingnya matang dan lembek. Setelah itu terong kemudian dibaluri bumbu yang terbuat dari campuran cabai rawit, terasi, garam, dan serai. Terong mapui biasa dihidangkan sebagai lauk pendamping menu utama berupa ikan bakar dan nasi hangat. Cita rasa dari terong mapui yang pedas, asam, dan manis akan menambah rasa nikmat saat menyantap ikan bakar.

10. Juhu Kujang
Source : http://wisatakalimantanku.blogspot.com/2018/03/juhu-kujang.html

Juhu kujang adalah masakan khas Kalimantan Tengah yang berbahan dasar keladi. Untuk kamu yang tidak tahu, keladi adalah tanaman berjenis terna yang daunnya lebar dan berumbi yang banyak hidup di alam liar. Tanaman keladi telah lama digunakan oleh masyarakat untuk obat-obatan herbal serta bahan membuat masakan tertentu, seperti juhu kujang.

Juhu kujang atau gulai keladi menggunakan tanaman keladi yang sudah diolah sebelumnya. Tujuan pengolahan tersebut adalah untuk mengusir rasa gatal yang bisa timbul saat dimasak dan dihidangkan. Selain keladi, juhu kujang juga mengandung bahan tambahan seperti ikan yang sudah tercampur dengan bumbu-bumbu, santan kelapa, dan daun nangka muda yang dipotong kecil-kecil.

Source : https://makananoleholeh.com/makanan-khas-kalimantan-tengah/
https://wisatatempat.com/makanan-khas-kalimantan-tengah/
https://www.gotravelly.com/blog/makanan-khas-kalimantan-tengah/
  
  
 
 
 
 
 
 
 
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar