Selasa, 14 Mei 2019

FOOD TERMINOLOGY 5

Sama dengan provinsi lainnya di Indonesia, Kalimantan Timur juga memiliki beberapa makanan khas andalan yang soal rasa tentunya tidak kalah enak dan lezat dengan kuliner khas provinsi lainnya di Indonesia.
Kebanyakan makanan khas Kalimantan Timur dipengaruhi oleh perpaduan antara kebudayaan suku asli Kalimantan Timur seperti suku Kutai dan Dayak dengan kebudayaan suku pendatang seperti suku Banjar, Bugis dan Banjar.
Jadi, jika kamu sedang jalan-jalan ke Kalimantan Timur, kurang lengkap jika belum mencicipi makanan khas andalan provinsi dengan ibukota Samarinda ini. Lantas, makanan khas apa saja yang jadi andalan Kalimantan Timur? berikut ulasannya

1. Nasi Kuning
Source : https://sumber.com/jalan-jalan-kuliner/kalimantan-timur/kuliner-kalimantan-timur/sumber/nasi-kuning-samarinda.html

Nasi Kuning adalah salah satu jenis varian menu makanan yang terbuat dari nasi di Indonesia dan makanan khas Kalimantan Timur yang satu ini sangat umum ditemukan di Kalimantan Timur, terutama di pagi hari untuk sarapan.

Nasi Kuning khas Kalimantan Timur ini terbuat dari beras yang dimasak dengan rempah-rempah seperti santan, kunyit, dan lainnya. Nasi Kuning disajikan dengan berbagai macam lauk seperti telur, ikan, ayam, atau daging lainnya.

Untuk warna kuning yang merupakan ciri khasnya berasal dari warna kunyit yang diparut dan dicampurkan dengan rempah lainnya yang membuat Nasi Kuning memiliki rasa yang enak dibanding nasi putih biasa

Tapi, yang spesial dari penganan khas Samarinda tersebut adalah kombinasi lauknya. Ada serundeng, ikan gabus, telur bumbu Bali dan taburan bawang merah. Saking istimewanya, pada tahun 2013 pemerintah setempat mendirikan tempat khusus bagi para penjual hidangan ini yang dinamakan “Kampung Nasi Kuning”.

2. Ayam Cincane
Source : https://travel.tribunnews.com/2017/08/12/daging-masak-bumi-hangus-hingga-ayam-cincane-menu-sarapan-khas-samarinda-ini-dijamin-goyang-lidahmu

Dulu, makanan khas Kalimantan Timur yang satu ini hanya akan dihidangkan saat acara-acara penting saja seperti pernikahan atau kelahiran, tapi sekarang menu ini sudah banyak disediakan di warung-warung makan di Kalimantan Timur.

Bahan utamanya adalah ayam kampung, karena daging ayam kampung dikenal lebih gurih dibanding ayam potong atau ayam lainnya. Daging ayam kampung tersebut diberi bumbu dengan bermacam rempah-rempah seperti jahe, lengkuas, kemiri dan lainnya.

Kemudian dibakar di bara api hingga matang atau bisa juga digoreng. Ayam Cincane ini sangat nikmat disantap dengan nasi putih.

3. Nasi Bekepor
Source : https://travelingyuk.com/nasi-bekepor-khas-kutai/134640/

Makanan khas Kalimantan Timur selanjutnya yaitu Nasi Bekepor. Komposisi Nasi Bekepor yaitu nasi putih yang dicampur dengan rempah-rempah kemudian dimasak mengunakan alat masak khusus khas Kalimantan Timur.

Dalam penyajiannya, Nasi Bekepor umumnyanya disandingkan dengan sayur asam khas Kalimantan Timur yaitu sejenis sayur asam yang diolah bersama dengan ikan air tawar seperti patin atau gabus dan ubi manis.

Nasi bekepor adalah nasi putih yang dicampur dengan ikan asin, rempah-rempah, dan minyak sayur. Biasanya nasi bekepor ini disajikan bersama dengan sayur gangan asam kukar, yakni sejenis sayur asem yang diolah bersama dengan kepala ikan dan ubi manis.

4. Sate Payau
Source : http://jelajahsamboja.com/sate-payau-kuliner-langka-khas-samboja-kalimantan-timur/

Di Kalimantan Timur ada satu jenis makanan yang cukup unik yaitu Sate Payau. Sate Payau yaitu sate yang terbuat dari daging rusa. Tapi sayang, makanan khas Kalimantan Timur yang satu sudah langka, karena rusa adalah salah satu hewan yang dilindungi.

Tapi, makanan khas yang satu ini masih bisa ditemukan di berbagai acara adat atau festival kesenian yang digelar di provinsi tersebut. Sate Payau ini cukup enak dan lezat dengan daging rusa yang lembut jika dibanding dengan daging sapi.

5. Amplang
Source : https://www.bukalapak.com/p/food/cemilan-snack/crayxn-jual-kerupuk-amplang-kampungamplang-dus-kecil

Makanan selanjutnya adalah Amplang yaitu sejenis camilan berupa kerupuk menyerupai bentuk yang sangat unik yang mana mirip dengan kuku macan. Makanan ini terbuat dari ikan dan merupakan salah satu oleh-oleh khas Kalimantan Timur. 

Kerupuk amplang memang menjadi buah tangan favorit para wisatawan. Kalau di daerah lainnya lebih dikenal dengan sebutan kerupuk tenggiri atau tergantung nama ikannya. Sama halnya dengan kerupuk udang, jajanan tersebut juga memiliki rasa ikan yang begitu kuat.

Walaupun terbuat dari ikan, tapi Amplang tidak memiliki rasa amis. Justru kerupuk ini memiliki rasa yang gurih dan enak. Cocok untuk teman saat menonton tv atau bersantai dengan keluarga.

6. Lempok Durian
Source : https://glitzmedia.co/post/entertainment/intermezzo/lempok-dodol-durian-khas-kalimantan-barat

Oleh-oleh yang wajib dibawa pulang ketika berkunjung ke Pulau Seribu Sungai adalah olahan duriannya. Bagaimana tidak, Pulau Seribu Mitos tersebut memang menjadi daerah penghasil durian terbesar. Jadi, rugi apabila berwisata ke sana tanpa mengecap rasanya. Lempok durian menjadi salah satu penganan dari durian yang direkomendasikan.

Kudapan ini berupa dodol yang memiliki rasa manis, tapi tidak mendominasi. Sebab, duriannya juga sama-sama kuat. Bagi pecinta Raja Buah tersebut dijamin akan terpuaskan. Cocok sekali dilahap sambil minum kopi atau teh hangat ketika bersantai di sore hari. Tidak perlu khawatir, sebab lempok durian adalah jajanan yang tahan lama.

7. Pisang Gapit
Source : https://id.tastemade.com/videos/pisang-gapit

Sesuai dengan namanya, jajanan yang populer di Provinsi Kalimantan Timur ini dibakar dengan cara digapit atau dijepit. Sebenarnya, “gapit” sendiri berasal dari Bahasa Kutai dan Banjar yang kurang lebih artinya demikian. Di Samarinda, pisang gapit termasuk kategori street food, sehingga keberadaannya sangat mudah ditemui di pinggir jalan, terutama di daerah Tepian, Sungai Mahakam.

Meski tergolong murah meriah, jajanan tersebut kerap menjadi suguhan pada beberapa hotel di Samarinda dan Balikpapan. Biasanya menggunakan bahan utama pisang kapok, pisang sanggar atau pisang tanduk. Uniknya, pisang yang dipilih masih setengah matang. Proses pembuatannya pun mudah, yaitu dibakar sambil dijepit dan dipencet supaya bentuknya pipih serta melebar.

Kemudian diberi toping tertentu, seperti saus durian atau saus karamel yang terbuat dari campuran santan kental dan gula merah. Setelah itu, siap dinikmati bersama teh hangat. Sebenarnya, ada beberapa camilan yang mirip dengan pisang gapit, di antaranya colenak khas Jawa Barat dan pisang epe dari Makassar.

8. Bobongko
Source : http://parigalwisata.blogspot.com/2013/10/lezatnya-bobongko-dan-nikmatnya-barongko.html

Jajanan yang namanya terdengar asing itu masuk ke dalam kategori kue basah. Walaupun terlihat seperti camilan, tapi masyarakat Kutai sering menjadikannya sebagai menu sarapan. Bobongko juga sering disuguhkan pada acara-acara besar, seperti pernikahan atau beseprah (ritual sarapan besar).
Bentuk hidangan ini sendiri menyerupai gumpalan.

Warnanya kehijauan dan memiliki tekstur lembut serta kenyal. Semakin lezat dengan adanya kuah kental yang bernuansa putih kecoklatan. Seperti jajanan tradisional pada umumnya, bobongko dibungkus menggunakan daun pisang yang dibentuk piramida. Pengemasan yang sedikit mirip dengan pulut nasi, hanya berbeda bentuk saja.

Cita rasa dari kudapan ini manis, tapi juga gurih. Dihasilkan dari proses pembuatannya yang diawali dengan mencampur adonan tepung. Kemudian, memasaknya bersama santan encer, gula pasir dan garam. Jika sudah mengental bisa didinginkan sebelum dimasukkan ke dalam bungkusan bersama gula merah cair dan santan kental. Lalu, dikukus hingga matang.

9. Sambal Raja
Source : https://food.detik.com/resep-kuliner-pusaka/d-1650271/resep-sambal-raja-dari-kutai

Nama pendamping aneka santapan lezat tersebut berkaitan dengan sejarahnya. Bersama nasi bekepor, dulunya sambal ini hanya dapat dinikmati oleh para raja dari Kerajaan Kutai. Tapi, setelah beberapa lama bisa didahar oleh anggota kerajaan dan masyarakat biasa. Bukan hanya cabai yang diuleg bersama bumbu, sambal raja lebih lengkap.

Karena di dalamnya ada berbagai sayuran, seperti kacang panjang, terong ungu, irisan bawang merah dan telur rebus yang disiram bumbu pedas. Cara membuatnya cukup mudah, jadi semua sayuran dipotong kecil-kecil atau dicincang. Kemudian, digoreng bersama cabai merah, cabai rawit, terasi, gula dan garam yang telah dihaluskan. Setelah itu, diberi perasan jeruk cina.

Biasanya, ia menemani santap makan siang dengan menu sederhana, mulai dari nasi putih hangat, pepes kepiting hingga sate payau.

10. Pulut Nasi
Source : https://www.indonesiakaya.com/jelajah-indonesia/detail/pulut-nasi-menu-sarapan-bercita-rasa-gurih-pedas-dari-kutai

Walaupun berbahan utama beras, tapi pulut nasi termasuk dalam kelompok jajanan pasar dari Kutai. Karena porsinya sedang, dianggap cocok untuk menu makan pagi oleh masyarakat setempat.
Biasanya, dibungkus daun pisang yang dilipat ke tengah dan diberi sebatang lidi kecil. Tampak sederhana, memang. Namun, hidangan tersebut memiliki rasa yang gurih dan pedas.

Sebab, dicampur dengan santan serta sambal dari cabai dan kacang tanah yang dihaluskan. Santan yang dipakai sendiri ada dua jenis, yakni santan kental dan santan encer. Selama proses pengukusan, keduanya akan mengalami reaksi yang berbeda. Jadilah menyempurnakan bentuk nasi pulut. Ketika bungkusan dibuka, isinya terlihat seperti lontong atau arem-arem. Tapi, teksturnya lebih pulen atau lunak.



Source : https://www.gotravelly.com/blog/makanan-khas-kalimantan-timur/
https://borneochannel.com/makanan-khas-kalimantan-timur/ 
http://www.maicih.com/inilah-7-makanan-khas-kalimantan-timur-yang-lezat/  
 
 
 
 
   
 
 
 
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar